in

Ini Alasan Minyak Bunga Matahari Bagus untuk Kulit Kamu

Khasiat minyak bunga matahari untuk kecantikan kulit sudah lama dikenal. Ini tak lain karena keberadaan asam linoleat dan vitamin E yang dikandungnya. Zat-zat tersebut bertindak sebagai pelindung, yang menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit agar tidak kekeringan. Tidak hanya itu, zat-zat ini juga meningkatkan fungsi perlindungan kulit dan membantu mereka yang mengidap atopic dermatitits serta membantu melawan jerawat, penuaan hingga melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari.

Meski begitu, nama minyak bunga matahari seakan tidak populer. Kebanyakan dari kita lebih tertarik untuk memilih menggunakan bahan-bahan kimia atau produk yang terkesan canggih dan memberi pengaruh yang cepat dan terlihat nyata saat harus bergulat dengan perawatan kulit; terutama kulit muka.

Salah satu alasannya adalah praktis atau sudah terkenal lewat iklan. Dan, kita cenderung baru bersentuhan dengan minyak bunga matahari saat hendak massage. Selebihnya, kita enggan berinteraksi dengan minyak bunga matahari. Padahal, bahan yang satu ini banyak khasiatnya, lho, untuk kulit kita. Berikut adalah manfaat minyak yang diperoleh dari hasil ekstraksi lebih lanjut bunga matahari tersebut.

Menjaga kelembaban kulit

Kalau kebetulan kulit kamu kering dan kasar, maka ada baiknya kamu segera berinteraksi dengan minyak bunga matahari. Minyak ini diklaim mampu meningkatkan hidrasi kulit dengan cara membentuk lapisan pelindung lunak untuk kulit sehingga kelembaban tetap terjaga. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset yang membandingkan kulit yang menggunakan minyak bunga matahari dan minyak zaitun selama 4 minggu berturut-turut.

Dari hasil kajian tersebut diketahui kalau minyak bunga matahari berhasil menjaga keutuhan lapisan kulit paling luar dan meningkatkan daya hidrasi. Sementara itu minyak zaitun justru mengurangi keutuhan kulit dan cenderung mengakibatkan kulit memerah. Ingin kulit kamu tetap sehat dan bercahaya? Pakai minyak bunga matahari saja.

Memperlambat penuaan

Paparan sinar matahari punya pengaruh besar terhadap kulit kita sehingga kita menerimanya sebagai bentuk penuaan yang normal. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan minyak bunga matahari yang mengandung vitamin E. Zat ini melindungi kulit kita dari pengaruh jahat sinar mentari sekaligus melembutkan kulit. Tak hanya itu, vitamin E juga mempertahankan kelembaban dan meningkatkan pertumbuhan kulit baru. So, kalau kamu ingin tampak awet muda, biasakan untuk mengoleskan minyak bunga matahari.

Minyak bunga matahari memiliki banyak manfaat via https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/08/Sunflower_oil_and_sunflower.jpg/1200px-Sunflower_oil_and_sunflower.jpg

Membuat kulit tampak bercahaya

Asam linoleat yang ada di minyak bunga matahari membuat kulit tampak bercahaya. Berbagai studi menunjukkan kalau zat ini mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet. Hal ini terjadi dengan menekan produksi melanin, yakni pigmen yang memberi warna pada kulit. Tak hanya itu, minyak bunga matahari juga melindungi lapisan paling luar kulit kamu. So, kalau kamu aktif di luar ruangan, pastikan mengoleskan minyak bunga matahari sebagai bentuk perlindungan ke kulit kamu.

Melindungi kulit

Sebisa mungkin oleskan minyak bunga matahari tak lama setelah kamu mandi. Kalau bisa, tambahkan beberapa tetes minyak bunga matahari ke bak mandi kamu. Mungkin luput dari perhatian kamu, tapi minyak bunga matahari punya kekuatan untuk melindungi kulit. Salah satu fungsi kulit kamu adalah melindungi kamu dari serangan kuman penyakit. Nah, minyak bunga matahari mampu memberi perlindungan tambahan terhadap kulit kamu sehingga fungsi tersebut tetap terjaga dengan baik. Dulu pernah dilakukan penelitian pengolesan minyak bunga matahari pada bayi. Hasilnya, bayi yang diolesi minyak ini mengalami penurunan infeksi, lho.

Mengatasi jerawat

FYI, rendahnya kadar asam linoleat pada kulit kamu disinyalir merupakan biang keladi hiperkeratinisasi. Apa itu? Yang jelas, fenomena ini mendorong kulit-kulit mati berkumpul alih-alih harus pergi. Nah, inilah biang kerok dari pori-pori berlubang dan jerawat. Dengan menambahkan minyak bunga matahari yang kaya asam linoleat, dijamin pori-pori muka kamu bakalan mengecil. So, pastikan kamu rajin mengoleskan minyak bunga matahari ke muka karena tidak hanya bakal mengusir jerawat, tapi juga komedo sekalipun.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Makanan ini Nggak Boleh Dibawa Astronot ke Luar Angkasa

Ini Alasan Mengapa Menulis Penting untuk Kamu