in ,

Ingin Lindungi Bodi Mobil Agar Awet? 3 Jenis Cat Mobil Ini Kuncinya!

CakapCakap – Memiliki mobil yang mulus memerlukan upaya yang cukup besar Cakap People. Terlebih, jika mobil terbilang sering digunakan. Maka kamu memerlukan perlindungan ekstra agar bodi mobil terhindar dari gesekan. Sebab, ketika digunakan untuk berkendara maka memungkinkan mobil untuk tergores ataupun bergesekan dengan mobil lain.

Selain itu, hal-hal seperti terpapar sinar matahari atau terguyur air hujan juga bisa memungkinkan bodi mobil mengalami kelunturan dari segi warna. Oleh karena itu, kamu perlu melindungi bodi mobil dengan melapisinya dengan cat mobil. Setidaknya terdapat 3 jenis cat pelindung mobil yang dapat kamu gunakan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Keramik

Tampilan mobil jika diolesi cat pelindung berbahan keramik via Kisspng.com

Cat pelindung mobil berbahan keramik ini punya masa perlindungan yang dapat tahan hingga 2 tahun serta sifatnya permanen. Jika pakai cat perlindungan berikut maka kamu tak perlu menghindari pantangan apapun. Termasuk penggunaan shampo hingga air. Sebab, keramik memiliki karakter yang keras serta tahan lama. Bahkan, hasilnya pun akan mengkilap bak cermin saja.

2. Polymer

Lebih awet dan tahan lama via Otomaniac.com

Polymer memiliki beberapa keuntungan jika digunakan. Salah satunya akan jauh lebih awet dan tahan lama. Bahkan, kamu tak perlu terlalu sering merawatnya. Sebab penggunaan bahan cat pelindung ini terbilang tahan dari aneka noda. Namun, harganya juga terbilang mahal. Mengingat keuntungan yang ditawarkan juga cukup baik.

Apabila kamu hendak menggunakan bahan polymer sebagai cat pelindung mobil, maka sebaiknya hindari untuk mencuci mobil pakai air panas. Kamu juga disarankan untuk tak terlalu sering membiarkan mobil kepanasan secara langsung atau tersiram air hujan terlalu lama. Pemakaian shampo juga perlu diperhatikan, pilihlah yang punya pH tak seimbang. Jika mobil dalam kondisi dipenuhi debu, maka hindari untuk langsung melap. Melainkan pakai kemoceng terlebih dulu, berikan air baru kemudian dilap menggunakan kain berbahan mikrofiber.

3. Wax

Permukaan bodi mobil yang halus via Dr-oto.com

Berikut termasuk cat mobil dengan bahan pelindung yang sifatnya hanya sementara. Umumnya wax bisa bertahan selama kurang lebih 2 minggu hingga 6 bulan. Tetapi, hal tersebut tergantung pada penggunaan. Sebab, semakin mobil terpapar oleh air atau hujan maka akan makin cepat pula cat tersebut luntur. Wax sendiri terdiri dari beberapa karakteristik. Salah satunya karakteristik berupa wet look yang punya kandungan minyak di dalam. Alhasil, kamu akan merasakan ada kesan lengket di kala menyentuh mobil. Kesan lengket itu pun akan menjadikan kotoran serta debu mudah menempel di permukaan cat. Bahkan cukup sulit guna membersihkannya.

Hendak coba yang mana Cakap People? Apapun jenis bahan cat perlindungan bodi mobil yang hendak kamu coba agaknya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, analisa terlebih dahulu masing-masing keunggulan dan kekurangan dari bahan-bahan cat mobil tersebut. Hal ini agar memungkinkan perlindungan yang diberikan untuk bodi mobil lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bukannya Awet, 6 Makanan Ini Malah Bisa ‘Rusak’ Jika Disimpan dalam Kulkas! Apa Saja?

Mau Cepat Kurus, Apakah Diet Dulu Atau Olahraga Dulu?