in ,

Ingin Kembali Olahraga Setelah Lama Berhenti? Begini Cara Memulainya Lagi!

CakapCakap – Pekerjaan yang sibuk terkadang menjadi salah satu alasan mengapa Cakap People berhenti melakukan olahraga. Sebab terkadang ada beberapa kegiatan yang memang bisa menyita waktu. Mulai dari melakukan pekerjaan, hobi hingga kesibukan yang lain. Akhirnya olahraga pun jadi terhenti dan tak bisa dilakukan lagi.

Ketika sudah lama berhenti dan tiba-tiba ingin mulai olahraga lagi maka mayoritas orang akan bingung hendak mengawalinya dari mana. Tetapi kamu disarankan untuk tidak langsung mengawali dengan olahraga intensitas berat. Sebab tubuh harus kembali beradaptasi lagi. Begini langkah yang dapat kamu ambil!

1. Coba aerobik ringan

Olahraga lari via Hellosehat.com

Ingat ya, jangan langsung membebani tubuh dengan melakukan gerakan olahraga yang berat. Pastikan pula durasi yang kamu lakukan tak terlampau panjang untuk permulaan. Kamu dapat memilih olahraga aerobik ringan, misalnya saja jogging maupun jalan kaki. Buatlah agar setiap hari kamu berolahraga, misalnya saja menyisihkan waktu selama 20 sampai 30 menit untuk tiap hari. Kamu dapat mengambil jeda istirahat selama 10 menit lalu melanjutkannya lagi sampai 20-30 menit. Lama-lama kamu akan terbiasa dan tak memerlukan waktu istirahat.

2. Diawali dengan niat dan lakukan peregangan

Gerakan peregangan via Alodokter.com

Setelah kamu menanamkan niat yang kuat dalam dirimu, maka susul niat tersebut dengan melakukan olahraga peregangan. Tentu saja tujuan dari peregangan ini untuk menjadikan aliran darah lancar dan otot kembali lentur. Untuk awal, maka lakukan saja gerakan ringan seperti lunge. Kamu dapat melakukan 10 hingga 15 kali gerakan peregangan dengan waktu masing-masing 1 menit untuk per gerakan.

3. Latih kekuatan otot

Latihan lunge via Lifestyle.okezone.com

Apabila kamu sudah mulai terbiasa, maka kini waktunya untuk melatih bagian otot. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan olahraga seperti lunge, squat, hingga hamstring curl. Selain itu, kamu juga dapat mengandalkan sarana olahraga seperti Total Body TRX Workout. Namun untuk TRX ini kamu memerlukan sebuah tali elastis yang biasanya dipasang di langit-langit. Biasanya sarana tersebut ada di tempat gym. Selain itu, olahraga plank juga bisa kamu manfaatkan sebab terdapat banyak sekali variasi plank yang berguna untuk melatih otot tubuh.

Apabila kamu telah memutuskan untuk kembali olahraga mungkin rasanya akan jauh lebih berat. Sebab kamu pun harus bertarung dengan rasa malas yang ada dalam dirimu. Namun Cakap People juga harus berolahraga, sebab demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Intip Sederet Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Ini yuk!

Wow, Masih 10 Tahun Gadis Cilik Ini Sudah Diincar Google!