in ,

Ingin Buat Camilan Sendiri di Rumah? Coba Berkreasi dengan Resep Cilok Berikut yuk!

CakapCakap – Jika mendengar nama cilok pasti rasanya sudah tak asing lagi bukan Cakap People? Cilok merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Namun cilok tak hanya dijajakan di Jawa Barat saja. Melainkan di kota-kota lain juga ada yang menjual cilok. Sehingga kamu tak perlu jauh-jauh untuk mencicipi makanan ini hingga ke Jawa Barat.

Umumnya cilok dibuat dengan bentuk bulat yang menyerupai bakso. Hanya saja bahan dasar yang digunakan agak berbeda. Di mana cilok tersusun atas bahan-bahan seperti tepung tapioka hingga telur serta daging cincang. Tetapi kamu juga bisa loh membuat kreasi cilok sendiri di rumah. Resep yang dapat kamu coba ialah cilok daging sapi. Tak perlu takut ribet, sebab resep ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan untuk membuat cilok via Republika.co.id

Guna menghasilkan cilok yang lezat dan nikmat, maka kamu harus menyediakan bahan-bahannya. Upayakan jika bahannya lengkap ya! Berikut bahan-bahan yang wajib ada untuk membuat resep cilok daging sapi.

  • Daging sapi giling 250 gram
  • Telur 2 butir
  • Tepung tapioka 400 gram
  • Bawang putih 10 siung, lalu iris tipis kemudian goreng
  • Es batu 100 gram, hancurkan
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk 1 sendok teh

Cara membuat

Menu cilok daging sapi via Herworld.co.id

Sudah menyiapkan semua bahan-bahan di atas? Teliti kembali dan pastikan tidak ada yang terlewatkan ya! Jika sudah, maka berikut cara membuat cilok daging sapi yang wajib kamu lakukan.

  1. Ambil bawang putih yang sudah digoreng, kemudian haluskan. Lalu pecahkan telur dan ambil putihnya. Lantas kocok putih telur dalam wadah lain lalu masukkan bawang putih.
  2. Padukan kaldu bubuk, tepung, merica bubuk serta garam. Kemudian campurkan daging sapi giling ke dalam es batu, kemudian aduk rata bersama tepung.
  3. Jika sudah maka bentuklah bulat-bulat seperti bakso. Kemudian rebus dalam air dan masak sampai bulatan-bulatan tersebut tampak mengapung.
  4. Lalu angkat dan sajikan menggunakan saus cabai maupun kecap yang sudah disiapkan.

Cukup mudah bukan Cakap People? Agaknya kamu bisa membuat kreasi cilok tersebut di rumah. Apabila berjumpa dengan hari libur atau Minggu maka membuat camilan tersebut bisa menambah kenikmatan saat quality time bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fenomena Langka, Pertama Kalinya Masjidil Haram Diserang Wabah Jangkrik!

Begini Cara Merawat Spion Mobil yang Benar, Perhatikan!