in

Ingin Bebas dari Stres? Ini Dua Hal yang Wajib Kamu Lakukan!

CakapCakap – Umumnya stres bisa muncul kepada siapa saja dengan alasan apa saja. Stres rentan terjadi pada orang yang punya tuntutan pekerjaan cukup tinggi. Bahkan, mereka yang memiliki kadar kesibukan yang terbilang besar pun sangat rentan terhadap stres. Mungkin Cakap People juga pernah merasakan stres yang berkepanjangan?

Stres tidak dapat disepelekan begitu saja. Sebab, ia dapat berdampak pada kehidupan seseorang. Mulai dari bagaimana cara menjalani hidup hingga upaya untuk menikmati kehidupan ini. Bahkan, stres yang tak kunjung reda dapat membuat kamu terjebak dalam jurang penyakit. Sebab, beberapa penyakit memang berasal dari stres. Nah, agar kamu tidak terjebak dalam stres maka ada dua hal yang bisa kamu lakukan. Apa itu? Berikut hal-hal tersebut!

Terapkan pola makan sehat

Konsumsi cukup sayur dan buah via Lifestyle.kompas.com

Di era millennial seperti sekarang ini banyak sekali jenis makanan kekinian yang berwujud junk food. Bahkan, anak-anak muda hingga orang dewasa pun kian gemar menyantap jenis makanan tersebut. Padahal, bukan rahasia lagi jika jenis makanan cepat saji memberikan dampak kurang baik bagi tubuh. Selain itu, apapun yang kamu makan maka bisa merefleksi tubuh.

Apabila jenis makanan yang dikonsumsi ialah makanan sehat, seperti buah-buahan hingga sayuran hijau dan ikan maka dapat membuat hormon kortisol menurun. Kamu juga dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi jenis makanan maupun minuman manis dalam jumlah berlebihan. Tak lupa hindari jenis makanan yang mengandung karbohidrat olahan serta kafein. Sebab, terlampau banyak mengonsumsi kafein, gula dan karbohidrat dapat memicu stres serta perasaan cemas loh!

Olahraga

Rutin olahraga agar terhindar dari stres via Journal.sociolla.com

Mungkin sebagian orang bertanya, mengapa harus olahraga? Sebab, dengan olahraga maka kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh bisa diturunkan. Ketika kamu melakukan aktivitas olahraga, maka tubuh akan menghasilkan sebuah hormon bernama endorfin. Hormon tersebut bertugas untuk memperbaiki mood serta menjadikan kamu lebih bahagia. Jika sudah bahagia, bagaimana stres bisa melanda? Maka dari itu kamu dianjurkan guna melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Sehingga stres dapat dihindari dan suasana hati bisa diperbaiki.

Cakap People, hormon kortisol memegang peranan yang cukup penting bagi tubuh kita. Sebab, ia dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, coba lakukan aktivitas olahraga serta ikuti pola makan yang sehat guna menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Sehingga stres dapat dihindari dan kamu pun jauh lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%