in ,

Ingin Ajak Keluarga Berlibur? Biar Hemat Ikuti Saja Tips Ini

Cakapcakap – Berlibur merupakan agenda yang paling menyenangkan. Setuju bukan, Cakap People? Terlebih agenda berlibur tersebut dijalankan bersama keluarga. Akan semakin ramai dan seru pastinya.

Liburan memang sangat diperlukan. Lantaran dapat digunakan sebagai aktivitas yang dapat mengusir penat dan rasa bosan. Apalagi jika kamu adalah sosok sibuk yang jarang menghabiskan waktu bersama keluarga. Maka agenda berlibur dapat digunakan sebagai media untuk quality time bareng keluarga.

Tapi seringkali berlibur bersama keluarga membuat aliran dana membengkak. Bahkan tak jarang aliran dana tersebut melebihi anggaran yang ditetapkan. Sehingga kamu perlu menyiasati agar tak over budget. Lantas, bagaimana caranya? Tenang, berikut tips buat kamu.

1. Rencanakan anggaran

Rencanakan anggaran via cermati.com

Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, maka kamu wajib merumuskan hendak kemana kamu pergi dan kapan waktunya. Kemudian rencanakan terkait dengan budget atau anggarannya. Misal jika kamu hendak membawa anak-anak untuk pergi ke taman bermain atau wahana hiburan maka cari tahu tiketnya berapa. Kemudian pilih tempat mana saja yang akan dikunjungi beserta rincian biayanya.

2. Menggunakan rewards dari kartu kredit

Menggunakan rewards dari kartu kredit via cermati.com

Agar dapat menghemat biaya perjalanan liburan kamu dan keluarga, maka bisa memanfaatkan rewards dari kartu kredit milikmu. Kamu harus memastikan jika kredit perjalanan yang kamu pilih cukup fleksibel. Berbekal hal ini, maka kamu bisa menghemat mayoritas biaya perjalananmu nanti.

3. Berbagi biaya dengan anggota keluarga lain

Membagi biaya liburan dengan anggota keluarga lain via alinea.id

Apabila berlibur dengan keluarga besar, kamu bisa membagi biaya liburan dengan anggota keluarga lain. Ini akan membuat biaya perjalanan lebih murah. Misal kamu dapat menyewa satu bus yang kapasitasnya cukup dengan anggota keluarga. Kemudian menyewa villa yang muat untuk beramai-ramai. Selain hemat biaya ini juga akan sangat mengasyikkan.

4. Pilih tempat bermalam dengan bijak

Memilih tempat menginap yang sesuai kebutuhan via wisatabaru.com

Apa kamu memutuskan untuk bermalam di destinasi wisata tersebut? Maka kamu perlu memilih tempat tinggal sementara dengan bijak. Sebaiknya pilih saja kondominium sewa atau sebuah villa. Sebab ini akan memangkas biaya dibanding kamu tinggal di hotel atau resort yang biayanya cukup mahal. Di villa sewaan kamu juga bisa memasak dan menyiapkan makanan sendiri karena dilengkapi dengan fasilitas dapur.

5. Hindari jalur udara, tempuh dengan jalur darat mengendarai mobil pribadi

Hindari jalur udara dan pilih kendaraan pribadi menuju tempat wisata terdekat via selagimuda.co.id

Biaya perjalanan dengan menumpangi pesawat pastinya akan memerlukan biaya yang tak sedikit. Paling tidak sekitar Rp 1 juta ke atas. Belum lagi jika anggota keluarga yang ikut berlibur cukup banyak. Untuk mengantisipasi hal tersebut kamu bisa membawa mobil pribadi. Pilihlah destinasi wisata yang sekiranya tak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan mobil. Hal ini akan lebih efektif dalam memangkas biaya.

Sebelum pergi, Cakap People pastikan kondisi  mesin kendaraan serta jangan lupa mengisi bahan bakar. Dengan kendaraan pribadi, tentu kamu akan dengan mudah bisa mengatur sendiri rute perjalanan dan waktu mengemudi. Lebih santai tentunya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Produksi Sinematografi dari Mafia Maros

Cara Mudah Kembangkan Kecerdasan Emosional Anak Sejak Dini