in ,

Ingat! Terlalu Sering Aerobik Ternyata Bisa Berdampak Buruk

Melakukan olahraga aerobik secara berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan dampak buruk. Via bajujersey.info

CakapCakap – Kebanyakan orang melakukan olahraga kardio seperti aerobik untuk menurunkan berat badan, atau menjaga tubuh agar tetap langsing terutama pada wanita. Cakap People sendiri pun mungkin juga ada yang melakukan aerobik secara rutin, bahkan dengan upaya keras dan ketat demi mendapatkan tubuh yang sempurna. Pasalnya, olahraga ini memang mampu membakar lemak lebih banyak. Namun, terlalu sering aerobik ternyata juga bisa berdampak buruk bagi tubuh kamu.

Melakukan olahraga aerobik secara berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan dampak buruk. Via bajujersey.info

Menurut laman Suara.com, pada dasarnya semua aktivitas fisik yang dilakukan secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan, termasuk olahraga kardio seperti aerobik. Salah satunya dapat menyebabkan badan stres. Oleh karena tubuh melakukan gerakan yang sama berulang kali dalam durasi tertentu, maka bisa berimbas pada kerusakan serat otot. Bahkan, terlalu sering aerobik pun tidak baik untuk jantung, karena jantung dipaksa terus-terusan bekerja keras dan lebih kencang.

Ketika dilakukan berlebihan, efek aerobik untuk menurunkan berat badan juga bisa tidak dirasakan lagi, karena tubuh malah menjadi kebal. Selain itu aerobik juga bisa mengakibatkan terjadinya proses katabolisme yang tidak hanya menyebabkan penguraian jaringan lemak, tetapi juga jaringan otot, sehingga tubuh mungkin terlihat lebih kurus, dan bahkan kehilangan massa otot. Dampak lain yang bisa terjadi karena terlalu sering melakukan aerobik adalah merasa merasa lelah sepanjang waktu.

Sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum sesi aerobik dan pendinginan setelahnya. Via grid.id

Lalu, bolehkah melakukan aerobik setiap hari? Menurut laman Bolehkah.com, melakukan aerobik setiap hari sebenarnya tidak ada masalah. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memastikan melakukan pemanasan sebelum aerobik, dan pendinginan pada akhir sesi, minimal sekitar 5-6 menit. Hal ini sendiri perlu dilakukan agar otot tidak merasa kaget, tubuh pun menjadi lebih siap, dan mengurangi risiko cedera fatal seperti kram yang bisa saja terjadi.

Selain itu, tak kalah pentingnya pula untuk memperhatikan intensitas aerobik yang dilakukan setiap hari. Sebaiknya, melakukannya dalam durasi 30 menit merupakan waktu yang dianjurkan oleh para ahli untuk menjaga kebugaran tubuh. Nah, Cakap People harus melakukan aerobik yang benar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Smartphone Bisa Bikin Anak Lebih Gampang Marah

Pacaran LDR? 7 Hal Ini Pasti Didambakan Cowok dari Kamu