in ,

Ingat! Tak Ada Kata Terlambat untuk Mulai Berolahraga

CakapCakap – Banyak orang yang menyesal setelah tua, karena tidak terbiasa berolahraga sejak usia muda. Memang ada orang-orang yang merasa malas berolahraga ketika masih muda. Cakap People sendiri pun mungkin pernah merasakan malas yang sama, sehingga lebih memilih tidur ketimbang berolahraga di pagi hari. Jika terus-terusan seperti ini, tentu saja tubuh menjadi tidak terbiasa untuk berolahraga. Namun meskipun begitu, ternyata tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga.

Setua apapun memulainya, olahraga ternyata tetap akan mendatangkan manfaat bagi tubuh manusia. Via kompas.com

Penelitian di National Cancer Institute dari National Institutes of Health (NIH) telah memberi bukti bahwa setua apapun memulainya, olahraga tetap akan mendatangkan manfaat bagi tubuh, seperti dimuat laman Republika.co.id. Peneliti post doctoral NIH Pedro Saint-Maurice melihat orang-orang yang tidak aktif ketika masih muda, lalu meningkatkan durasi latihan setelah usianya 40-an tahun, ternyata juga menunjukkan penurunan risiko kematian dini yang serupa dengan orang-orang yang berolahraga secara konsisten sepanjang hidup, di mana angka penurunannya mencapai 35 persen.

Penurunan pada penyakit jantung dan risiko kanker pun juga serupa dengan orang yang berolahraga. Pesan pentingnya menurut Pedor adalah tidak terlalu penting kapan mulai berolahraga. Bahkan jika dilakukan entah di masa depan, olahraga tetap akan tetap memberikan manfaat bagi orang yang melakukannya. “Adalah baik untuk mempertahankan gaya hidup aktif setiap saat terlepas dari usia kamu. Namun, satu hal yang baik adalah jika kamu belum aktif, amu masih bisa mendapat manfaat jika kamu mulai aktif di usia 40-50-an tahun, berdasarkan hasil penelitian kami,” ungkap Pedro pula.

Tak ada yang membedakan bentuk olahraga yang baik untuk dilakukan oleh seseorang pada usia tertentu yang baru mulai berolahraga. Via tokopedia.com

Menyoal olahraga yang cocok pada usia tertentu, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa untuk berolahraga, Fitness Educator dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Teuku Aufra Maretto mengatakan bahwa semua itu tergantung pada tujuan yang ingin dicapai, preferensi, dan rekam medis masing-masing individu, seperti dimuat dalam laman Liputan6.com. Menurut pelatih pribadi sejumlah tokoh masyarakat dari dunia hiburan ini, pada dasarnya tak ada yang membedakan bentuk olahraga yang baik untuk dilakukan oleh seseorang pada usia tertentu yang baru mulai berolahraga.

Namun secara umum, Aufra merekomendasikan gabungan latihan kardio dan beban, salah satunya seperti lari yang merupakan olahraga sederhana namun bisa membantu memelihara kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah. Nah, Cakap People bisa mulai olahraga dari sekarang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Lakukan Tindakan Tegas, Facebook Akan Hapus Hoax Tentang Vaksin

Aktivitas Seks Bisa Jadi Pengganti Olahraga, Benarkah?