in ,

Ingat! Olahraga 4 Jam Sebelumnya Jika Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari

CakapCakap – Ada orang-orang yang punya hobi atau lebih suka melakukan olahraga pada malam hari, meski memang masih jauh lebih banyak yang berolahraga di pagi hari. Di antara Cakap People misalnya, mungkin juga ada yang suka bersepeda pada malam hari, karena punya sensasi yang beda. Faktanya, melakukan aktivitas fisik di malam hari, termasuk olahraga ringan seperti berjalan, berlari atau berpeda bisa pula mempengaruhi kualitas tidur seseorang, asalkan tidak melebih batas waktu.

Jika berolahraga pada malam hari, sebaiknya dilakukan 4 jam sebelum tidur. Via sociolla.com

Menurut sebuah penelitian seperti yang dilaporkan oleh laman Merdeka.com, berolahraga empat jam sebelumnya akan membuat tidur bisa lebih nyenyak. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa itulah batas waktu olahraga di malam hari yang tidak akan berpengaruh buruk pada kualitas tidur. Namun, jika olahraga dilakukan hingga satu jam sebelum waktu tidur, maka efek negatifnya akan terasa. Sebanyak 21,2 persen orang yang terlibat dalam penelitian ini mengalami tahap hingga tidur lebih dalam dibanding orang yang tidak berolahraga yang hanya 19,9 persen mengalaminya.

Namun ketika seseorang berolahraga hingga waktu yang mepet dengan jam tidur, mereka akan lebih lama untuk bisa tidur. “Olahraga dalam kadar sedang tidak menyebabkan masalah tidur pada semua penelitian yang dipelajari, bahkan jika hal ini selesai dilakukan 30 menit sebelum waktu tidur,” jelas salah seorang peneliti, Jan Stutz. “Namun olahraga berat atau kompetitif harus dijadwalkan lebih sore atau siang jika memungkinkan,” katanya lagi menambahkan untuk mengingatkan setiap orang.

Tidak perlu khawatir olahraga di malam hari akan mengganggu kualitas tidur. Via krjogja.com

Selama ini memang ada pemahaman bahwa melakukan kegiatan fisik yang berlebihan pada malam hari, seperti berolahraga, bisa membuat jadi sulit tidur. Namun, ini tidak perlu dikhawatirkan asalkan semuanya dipersiapkan dengan benar, maka efeknya tak akan mengganggu kualitas tidur, menurut laman AloDokter.com. Sebagian orang merasa lebih nyaman untuk olahraga di malam hari dengan berbagai alasan. Apalagi, sejauh belum ada bukti yang menyatakan pembakaran kalori akan lebih efisien di pagi hari atau waktu lain.

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa orang yang berolahraga dalam waktu apa pun termasuk malam hari, akan membuat tidur lebih nyaman pada hari tersebut dibanding orang-orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Makanya Cakap People jangan lupa olahraga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Punya Masalah Hipertensi? Sebaiknya Olahraga pada Malam Hari!

Jangan Lupa Makan Sebelum Olahraga! Ini Waktu dan Jenis Makanan Ideal