in ,

Ingat! Makanan dan Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Sebelum Olahraga

CakapCakap – Banyak orang beranggapan bahwa tidak boleh mengonsumsi makanan berat sebelum berolahraga, karena bisa menyebabkan perut akan terasa sakit karena kram. Cakap People mungkin juga pernah mendengar hal tersebut sebelumnya. Sebenarnya, makan sebelum berolahraga tidak masalah, apalagi jika perut sedang lapar. Namun, tentu saja harus dibatasi. Selain itu, kamu pun juga perlu mengetahui makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga.

Makan sebelum berolahraga tidak masalah, tapi harus dibatasi. Via tribunnews.com

Menurut para pelatih olahraga seperti dimuat di laman Fimela.com, sayuran tinggi serat ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum olahraga. Pasalnya, serat sulit dicerna, dan ketika melakukan aktivitas berat dan keras seperti olahraga, maka bisa saja mengganggu proses pencernaan, dan juga menyebabkan otot perut akan menjadi kram. Kemudian, semua makanan dari jenis keluarga kacang-kacangan dan makanan tinggi protein juga sulit diuraikan dan dicerna di dalam usus, sehingga bisa menyebabkan perut terasa seperti ditusuk-tusuk akibat kram karena aktivitas tubuh yang keras.

Selain itu, makanan berminyak, pedas dan junk food bisa menyebabkan terjadinya sakit perut karena kandungan garam, minyak dan pedas bisa membakar dinding perut, jika dimakan sebelum olahraga. Tidak hanya itu saja, minuman berenergi yang mungkin identik diminum sebelum olahraga, ternyata juga justru tidak baik. Semua minuman berenergi yang manis rupanya akan bisa membuat kamu jadi lebih mudah haus dan mengalami dehidrasi selama berolahraga, jika diminum sebelum berolahraga.

Ada makanan dan minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi sebelum berolahraga. Via bugaraga.com

Nah, tentu ada pula makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, agar dapat menambah energi dan tidak cepat kelelahan saat olahraga. Menurut laman Detik.com, granola yang ditambah dengan buah berry mengantung karbohidrat yang cukup tinggi untuk bahan bakar selama berolahraga, sehingga sangat baik dikonsumsi sebelum berlatih. Begitu pula dengan smoothie buah, karena buah mengandung gula sederhana yang mudah untuk dicerna tubuh sebagai sumber energi.

Kemudian, Cakap People bisa mengonsumsi pisang yang merupakan kekuatan sangat alami. Pisang sendiri mengandung serat dan karbohidrat untuk bahan bakar, serta mengandung potasium yang membantu fungsi saraf dan otot agar tetap optimal. Selamat mencobanya sebelum berolahraga ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Merasa Sangat Lelah Saat Bekerja? Ini Penyebab Utamanya!

Resmi! Merespon Minat Wisman, Akhirnya Penerbangan London – Bali Dibuka