in ,

Ingat Damin? Pesepeda 17 Provinsi Ini Minta Tandatangan Pemda Barru

via makassar.terkini.id

Seorang pesepeda yang berasal dari Desa Pasemah, Candipuro, Lampung Selatan bernama Damin (43) telah berhasil mengelilingi 17 provinsi di Indonesia hanya dengan menggunakan sepeda. Setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh, Damin akhirnya tiba di Kabupaten Barru dalam perjalanannya menuju ke Kota Makassar.

Dalam perjalanannya berkeliling berbagai provinsi tersebut Damin juga mengkampanyekan budaya untuk berlalu lintas yang baik serta menjauhi narkoba. Perjalanannya menaiki sepeda berkeliling Indonesia ini ia lakukan sejak dirinya sembuh setelah mengalami kecelakaan yang fatal.

Kecelakaan tersebut ternyata membuat kondisinya cukup parah sehingga ia bernazar jika kelak sembuh dari sakitnya tersebut ia akan berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda. Nazar tersebut ia ucapkan sekitar tahun 2008 lalu. Akhirnya di tahun 2017 ia memulai perjalanannya mengelilingi Indonesia menggunakan sepeda sesuai dengan nazar yang telah ia ucapkan.

Pada saat ditemui ketika tiba di Kabupaten Barru, Damin tampak baru saja mengambil tanda tangan serta stempel dari Pemerintah Kabupaten Barru. Dimana tandatangan serta stempel tersebut merupakan bukti bahwa ia sudah mengunjungi wilayah tersebut.

via makassar.terkini.id

Pada saat ditemui tersebut, Damin menyatakan bahwa ia sudah bernazar jika diberikan kesehatan maka ia akan melakukan perjalanan ke seluruh Indonesia. Kini ia telah berhasil mewujudkan hal tersebut dan berhasil mengunjungi 17 provinsi.

Damin juga mengaku bahwa selama perjalanan ini ia harus rela meninggalkan istri beserta dua anaknya yang berada di kampung demi mewujudkan nazarnya tersebut. Bahkan ia juga menyatakan bahwa tidak akan kembali ke kampungnya sebelum perjalanannya mengelilingi Indonesia selesai.

Damin menceritakan bahwa dirinya memulai perjalanan tersebut dengan membawa uang sebesar Rp.130ribu. beruntunglah dalam perjalanan banyak orang yang merasa iba dan kasihan melihat Damin. Biasanya orang-orang tersebut memberikan bantuan berupa materiil atau dalam bentuk bantuan lainnya.

Dengan begitu Damin bisa terus bertahan melanjutkan perjalanan hingga tiba di Kabupaten Barru. Perjalanan yang dilakukan oleh Damin ini memang pantas diapresiasi karena tanpa mengharap pujian maupun ingin menjadi sensasi ia melakukan perjalanan atas dasar memenuhi nazar yang sudah ia sampaikan.

Dalam kondisi uang seadanya dan bermodal sepeda akhirnya Damin berhasil melalui 17 provinsi di Indonesia. pastinya kesungguhan Damin ini bisa menjadi cerminan bahwa usia maupun keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk mewujudkan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Dijuluki Mantra Kusta, Begini Kisah Pak Sul Perawat Kusta yang Ikut Tertular

Buat Kamu yang Punya Mata Sensitif. Yuk, Biasakan Hal Ini