in ,

Indonesia Bisa Lihat Stasiun Luar Angkasa dari Bumi, Ini Faktanya!

CakapCakap – Fenomena luar angkasa menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi kebanyakan orang. Pasalnya, jaraknya yang sangat jauh dari bumi, membuat banyak misteri yang memancing penasaran banyak orang, termasuk juga mungkin Cakap People. Bahkan, tidak sedikit orang yang kemudian bercita-cita suatu saat bisa ke luar angkasa. Oleh karena itu, cita-cita menjadi astronot atau pilot pesawat luar angkasa sangat banyak diminati oleh orang-orang, terutama ketika masih anak-anak.

Nah, meskipun cita-cita tersebut belum bisa terwujud, setidaknya kini kamu ternyata sudah bisa melihat The International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan mata telanjang dari bumi. Bahkan, warga Indonesia pun bisa melihatnya dengan mudah, asalkan tahu caranya. Seperti dilansir Kompas, Sabtu (8/9/2018), baru-baru ini NASA telah meluncurkan situs yang dirancang khusus untuk membantu siapa saja yang ingin melihat stasiun luar angkasa tersebut.

Stasiun luar angkasa internasional bisa dilihat dari bumi dengan mata telanjang tampak seperti titik putih yang terang via Spot The Station.

Melalui situs bernama ‘Spot the Station’ itu, semua orang bisa melihat informasi lokasi stasiun luar angkasa ketika melintasi tempat-tempat di seluruh dunia, beserta waktu kemunculannya di wilayah tersebut, termasuk di Indonesia. Jika ingin mencoba, kamu tinggal mengunjungi situs tersebut dan mengetikkan lokasi untuk melihat jadwalnya. Di Jakarta sendiri, waktu terbaik untuk melihat stasiun luar angkasa adalah selama periode Jumat, 7 September 2018 hingga Sabtu, 22 September 2018.

Waktu terlama untuk mengamati stasiun itu ada pada Senin, 17 September 2018, di mana akan terlihat hingga enam menit. Jika beruntung menemukannya, stasiun luar angkasa tersebut akan tampak seperti setitik cahaya layaknya pesawat yang sedang melintas di langit. ISS memang jadi objek ketiga paling terang di langit, karena memantulkan cahaya matahari ke bumi. Hanya saja, stasiun itu bergerak lebih cepat, bahkan di beberapa daerah hanya terlihat sekitar 1-2 menit saja.

ISS sendiri mengitari bumi dengan kecepatan 27 ribu kilometer per jam, atau delapan kilometer per detik. Setiap 92 menit, dia akan melewati satu titik yang sama. Makanya, meski berada pada posisi sekitar 386 kilometer di atas planet bumi, maka bukan tidak mungkin untuk bisa melihat pergerakan ISS. Dari sekarang, Cakap People bisa bersiap-siap untuk melihat stasiun luar angkasa tersebut. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Penyakit Ini Mudah Menular, Jadi Atasi dengan 4 Resep Berikut!

Cari Mobil? Ini Kelebihan Menggunakan Mobil Matik