in ,

Ikuti Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Berikut Ini Yuk!

CakapCakap – Mobil bukanlah alat transportasi yang langka seperti zaman dahulu lagi ya Cakap People! Sebab, kini mobil sudah hampir terparkir di setiap garasi rumah semua orang. Mobil memang memberikan kemudahan untuk diajak berpetualang di jalanan. Terlebih kita tak perlu khawatir akan kepanasan atau kehujanan.

Sembari macet pun kita bisa tetap santai di dalam kendaraan roda 4 ini. Beberapa hal tersebut yang tampaknya membuat mayoritas orang memilih mobil untuk dijadikan sebagai moda transportasi pribadi. Namun, selain itu mobil juga memiliki bahan bakar yang tak murah harganya. Sehingga, sebisa mungkin kamu harus hemat dalam menggunakan mobil mengingat harga bahan bakarnya yang tak murah. Nah, kamu bisa lho menerapkan tips hemat BBM berikut ini!

1. Mematikan mesin

Matikan mesin jika tak dikemudikan via News.okezone.com

Beberapa orang sering menyelepekan hal ini. Misalnya ketika sedang berbelanja, dan pelayan sedang memasukkan barang muatan ke mobil maka mesin mobil dibiarkan hidup. Padahal kebiasaan tersebut dapat mengonsumsi BBM secara berlebih. Jika mesin dibiarkan hidup dalam kondisi diam selama kurang lebih 3 menit, maka dapat meneguk BBM  setara dengan digunakan mengemudi sejarak 1 km dengan kecepatan 50 km/jam.

2. Perhatikan penggunaan AC

Ternyata, AC menyumbang pengaruh yang cukup besar lho terhadap konsumsi bahan bakar. Jadi, aturlah suhu AC sesuai dengan keperluan kamu. Selain itu, jangan membuat suhunya terlampau dingin. Sebab kompresornya dapat bekerja dengan keras. Alhasil mesin akan jadi terbebani.

3. Hindari menggunakan rem secara berlebih

Jangan menginjak kasar pedal rem via Tipstricsotomotif.blogspot.com

Ketika kamu mulai menginjak pedal gas, maka hati-hatilah dalam berkendara. Jangan terburu-buru untuk menginjak rem. Melainkan perhatikan dahulu lajunya kendaraan kamu dan yang ada di depan. Jika lampu rem bagian depan sudah menyala, maka lepaskanlah pedal gas. Tunggu hingga mobil kian melambatkan lajunya, jika sudah mendekati mobil di depannya barulah injak pedal rem.

4. Menjaga RPM

Apa itu RPM? Merupakan kepanjangan dari rasio putaran mesin. Kamu disarankan untuk menjaga agar RPM tetap berada di bawah angka 3000. Namun, beda mobil beda pula jenis mesinnya. Sehingga kamu memerlukan konsultasi pada pihak ahli.

5. Tinjau berat muatan

Perhatikan kapasitas mobil via Pricebook.co.id

Sebaiknya, aturlah muatan sesuai dengan kekuatan dari mesin. Hal ini dapat kamu ketahui dari buku panduan manual. Cek kapasitas mobil kamu. Jika muatan lebih dari kapasitas yang ditentukan, maka bisa jadi bahan bakar akan lebih cepat habis karena mesin bekerja keras.

6. Rutin cek ban

Perlu kamu ketahui, bila tekanan angin pada ban yang kurang bisa membuat gesekan roda pada aspal jauh lebih besar. Sehingga BBM yang digunakan pun dapat lebih banyak. Sehingga kamu dianjurkan untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin pada tekanan angin di ban.

7. Jaga agar mesin senantiasa dalam kondisi baik

Rawat mesin via Seva.id

Jika kamu ingin bahan bakar jadi lebih hemat, maka kamu harus menjaga supaya mesin pada mobil juga senantiasa sehat. Bagaimana caranya? Kamu dapat secara rutin melakukan pengecekan mesin di bengkel sesuai dengan buku panduan yang kamu miliki.

Meski pun terkesan sederhana, namun beberapa tips di atas dapat membantu Cakap People lho! Bagaimana pun juga BBM memiliki harga yang tak murah. Sehingga, tak ada salahnya bukan jika kita menghemat penggunaan bahan bakar. Selamat mencoba.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Terkuak! Berikut Sederet Fakta Tersembunyi Susu Kental Manis

Diam-diam Anaknya Beli Mainan Bernilai Jutaan, Respon Sang Ibu Tuai Pujian!