in ,

Hore, Jajanan-Jajanan Halal ini Mudah Kamu Temui di Tokyo!

Cakapcakap – Seringkali para wisatawan muslim dari Indonesia kesulitan untuk membeli makanan di negeri orang karena produk halal tidak dapat ditemukan semudah di tanah air. Bahkan untuk sekedar membeli makanan ringan pengganjal perut pun harus teliti. Bagi muslim, selain komposisinya, sebuah produk dapat dikategorikan Halal dilihat dari proses, alat, dan tempat pembuatannya.

Tapi, jangan khawatir Cakap People! Buat kamu yang akan berwisata atau berlibur ke Tokyo, Halal Media Japan merangkum jajanan-jajanan halal yang bisa kamu coba di sana.

Sebuah toko di jepang bernama “Tottori-Okayama Shimbashi-kan” menyediakan berbagai makanan ringan khas Jepang yang terjamin kehalalannya. Produk-produk yang dijual sudah bersertifikasi halal, tidak menggunakan campuran babi dan juga alkohol. Apa saja ya?

1. Kibi-Dango

Kibi-Dango halal dengan kemasan lucu. (fooddiversity.today)
https://www.halalmedia.jp/id/archives/37804/kibi-dango-in-shinbashi-tokyo/

Dango adalah makanan ringan khas Jepang yang berasal dari daerah Okayama. Dango terbuat dari tepung beras. Di toko tersebut, Kibi Dango yang dijual terdiri dari empat varian yakni plain, white peach, matcha dan kinako (kedelai).

2. Okaki

Okaki cocok menjadi cemilan teman minuman hangat. (shun-gate.com)
https://shun-gate.com/en/okurimono/confectioneries/okurimono_9.html

Okaki adalah keripik beras yang berasl dari beras ketan terbaik Prefektur Okayama dan diolah dengan cara tradisional. Varian okaki yang terdapat di toko ini adalah Koumisanshuu, yakni okaki dengan tiga rasa; Mame-iri Kan Mochi, yakni dengan campuran kacang; Sekimai Okaki, yakni dengan campuran beras merah; dan Sato-kan Mochi, yakni dengan campuran gula.

Varian koumisanshuu terdiri dari keripik beras rasa udang, rasa rumput laut dan wijen.  Mame-iri Kan Mochi dibuat dari adonan beras ketan lokal dan kacang hitam.  Sekimai Okaki (Okaki beras merah) terbuat dari beras merah dan gula coklat. Sedangkan Sato-kan Mochi dibuat dari beras ketan (Mochi) dan gula. Keempatnya menggunakan garam alami dari Distrik Ako yang menghasilkan keharuman menggoda.

3. Oote Manjuu

Oote Manjuu halal. (halalmedia.jp)
https://www.halalmedia.jp/id/archives/39743/muslim-friendly-products-tottori-okayama-shimbashikan/

Oote Manjuu adalah makanan yang terbuat dari beras Bizen berkualitas dan kacang merah Hokkaido, dibungkus dengan sirozarato (gula pasir spesial). Produk ini  diperkenalkan melalui  program televisi  Jepang yang populer berjudul “ZIP!” dan menjadi produk yang sangat populer.

4. Dorasen

Dorasen halal yang sulit ditemui. (halalmedia.jp)
https://www.halalmedia.jp/id/archives/39743/muslim-friendly-products-tottori-okayama-shimbashikan/

Familiar ya dengan nama makanan yang satu ini? Memang, namanya memiliki kesamaan dengan camilan kesukaan Doraemon, tokoh kartun robot kucing berwarna biru,  yakni Dorayaki. Dorasen memang memiliki kemiripan dengan Dorayaki.

Dorasen adalah makanan senbei  (keripik beras) manis yang terbuat dari telur dan diisi dengan pasta kacang. Berbeda dengan senbei pada umumnya yang bertekstur keras, dorasen memiliki tekstur yang lembut. Dorasen memiliki lima varian, yakni isi pasti kedelai hitam, pasta kacang dengan campuran garam Seto, pasta kacang merah Hokai, dan pasta kacang merah Hokkai dengan campuran kacang kastanye dan selai Yuzu.

5. Kome No Kura

Jajanan Khas Jepang, Halal! (https://fooddiversity.today)
https://fooddiversity.today/en/article_5866.html

Hampir sama seperti okaki dan dorasen, kome no kura adalah keripik beras yang terbuat dari beras Okayama. Varian keripik beras ini terdiri dari sembilan jenis sesuai dengan campurannya, yakni kacang, kacang tanah, telur, jahe, jeruk Yuzu, kedelai hitam, miso, kopi dan rumput laut.

Nyam! Terlihat lezat ya, Cakap People? Nah, selain produk-produk di  atas, ternyata Totto-Okayama Shinbasi-kan masih menjual banyak produk-produk halal lainnya. Toko ini juga sering mengadakan pameran produk bersertifikat halal loh. Setiap produk yang dipamerkan memiliki kode QR yang dapat di-scan dan menunjukkan dalam bahasa inggris komposisi bahan makanan tersebut.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bukan Penentu Kecerdasan, Jangan Merasa Minder Jika IQ-mu Kecil!

Sakit Hati Bikin Pusing? Yuk, Kenali Gangguan Psikosomatis!