in ,

Hindari 7 Kebiasaan Ini Kalau Tak Mau Mentalmu Terganggu

Kalo kamu merasa selama ini kamu udah merasa bahagia dengan karir dan kehidupan yang baik, bukan berarti mentalmu juga sehat lho. Bisa jadi kebiasaan-kebiasaan kecil ini masih sering kamu lakukan dan memicu gangguan mental yang disadari atau nggak bisa berdampak buruk di masa depan. Coba cek dulu 7 kebiasaan ini biar bisa kamu hindari sebisa mungkin. Jangan-jangan kebiasaan ini masih sering kamu lakukan!

1. Kurang aktivitas fisik

Ternyata orang yang banyak gerak jauh lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang malas bergerak. Aktif bergerak bisa bikin pikiran aktif dan nggak ada waktu untuk memikirkan hal-hal negatif. Keringat dan gerak tubuh bakal bikin badan sehat dan mempengaruhi mood dalam melakukan sesuatu. Usahakan untuk bergerak semisal jalan kaki, naik turun tangga, atau bahkan bersepeda.

Merasa tertekan via hellosehat.com

2. Pesimis

Kamu jadi sering kurang percaya diri dan nggak percaya lagi sama harapan di setiap masalah yang dihadapi. Akhirnya kamu punya cara pandang yang nggak sehat terhadap hidup yang kamu jalani sekarang ini. Pikiran negatif bakal bikin depresi karena kamu nggak punya harapan lagi untuk diperjuangkan.

3. Obsesif

Memang nggak bisa dipungkiri kita selalu punya prediksi atau angan-angan yang nggak baik dari suatu hal. Pikiran negatif terhadap sesuatu tentang hal yang sedang terjadi atau di masa depan. Kamu sering memikirkan hal negatif jika kamu melakukan ini dan itu, jadinya stress sendiri karena ketakutan berlebihan ini hanya ada dalam pikiran aja.

4. Perfeksionis

Kamu menginginkan semua hal dalam hidupmu tampak sempurna, sesuai rencana, dan pastinya menyenangkan buatmu. Kamu sangat nggak suka dengan hal yang buruk dan di bawah standar yang ditetapkan. Tapi kita tahu nggak semua berjalan dengan lancar, dan saat suatu rencana ngga sesuai sama ekpsektasi jadinya kamu sedih dan kecewa. Hal ini akan membuat kamu punya gangguan kecemasan.

Perfeksionis bsa menyebabkan mentalmu terganggu via deherba.com

5. Memendam emosi

Marah yang nggak tersalurkan ternyata juga bisa membuat mentalmu terganggu. Orang yang sulit meluapkan amarah cenderung rentan depresi dan tertekan. Memendam marah pun nggak akan bikin masalah kamu jadi selesai atau keadaan menjadi lebih baik. Jadi kalo mau marah ya marah aja dan diluapkan dengan cara yang positif biar kesehatan mentalmu juga tetap terjaga.

6. Rendah diri

Sikap rendah diri bikin kamu nggak puas sama apa yang kamu dapatkan saat ini. Kamu cenderung membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain yang terlihat lebih bahagia dan sempurna. Akhirnya kamu jadi menyalahkan dirimu karena ini dan itu sehingga membuat kamu stress. Sebaiknya gali potensi dan bikin kekuatan kamu jadi lebih maksimal untuk mengembalikan kepercayaan dirimu.

7. Begadang

Begadang bisa bikin jam tidurmu berkurang dan ketika ini dilakukan dalam kurun waktu yang lama, bisa menyebabkan masalah serius bagi tubuh dan mental. Kurang tidur mungkin nggak bakal bikin kamu mengantuk, tapi sistem tubuh nggak bisa bekerja sesuai rencana dan akhirnya mentalmu pun terganggu karena merasa nggak nyaman dengan diri sendiri.

Pasti beberapa masih sering kamu lakukan hingga saat ini dan nggak sadar kalo hal-hal tersebut ternyata mempengaruhi kesehatan mentalmu. Yuk berubah dari sekarang biar lebih sehat jasmani dan rohani.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ini Mitos tentang Perawatan Kulit yang Wajib Diluruskan

Bukan Selingkuh, Ini yang Membuat Cowok Takut Menjalani Hubungan