in ,

Hentikan Kebiasaan Minum Air Dingin saat Kepedasan, Ternyata Ini Bahayanya!

Efek panas saat makan pedas via Okezone.com

CakapCakap – Siapa sih yang tak doyan makanan pedas? Sambal kerap jadi teman makan aneka menu masakan yang dinilai bisa meningkatkan nafsu makan. Ya, tak bisa dipungkiri memang, sebagian besar orang menikmati makanannya lantaran ada sensasi pedas yang ada. Meski begitu, tetap saja masing-masing orang akan memiliki tingkat kepedasan sesuai kemapuan reseptor yang dimiliki, Cakap People.

Nah, apa sih yang biasa kamu lakukan saat merasa kepedasan begitu Cakap People? Buru-buru minum air putih, air es, ataukah air hangat? Biasanya nih, kebanyakan dari orang yang makan pedas ini melakukan kebiasaan keliru dengan meminum air es. Mereka Kenapa keliru?

Efek panas saat makan pedas via Okezone.com

Ya, minuman dingin ini sejatinya tak akan memberikan efek reda pada rasa pedas yang kamu rasakan. Justru akan memberikan efek berbahaya buatmu.  Saat makanan pedas masuk rongga mulut, maka akan terjadi stimulus di bagian rongga hidung dan faring. Sehingga menyebabkan permukaan lidah merasakan dampak panas.

Sesaat air dingin yang kamu teguk akan menghilangkan efek panas tersebut. Namun rasa pedas itu akan bertambah berkali lipat. Tak hanya itu, tingkat kepekaan lidah terhadap rasa juga akan menurun. Kamu akan kehilangan kemampuan merasakan makanan yang ada karena rasa tak karuan campuran pedas dan dingin saat itu.

Sehingga akan sangat disarankan kamu untuk meminum air hangat saat kepedasan, ketimbang minum air es. Pasalnya air hangat ini akan melarutkan senyawa capsaicin yang ada pada cabai atau lada. Meskipun awalnya akan memberi efek pedas kian terasa, namun sesudahnya kamu akan lega lantaran rasanya segera hilang.

Minum air dingin saat kepedasan akan berdampak hilangnya kepekaan lidah akan rasa via Joss.co.id

Sedikit kamu ketahui, capsaicin merupakan senyawa yang tak berwarna dan juga tak mempunyai bau. Bahkan menurut American Chemical Society, senyawa ini paling banyak terkonsentrasi pada lada. Saat terjadi kontak capsaicin dengan reseptor lidah, maka akan dikirim sinyal-sinyal ke saraf otak yang memberikan tanda bahwa makanan tersebut tak seharusnya dimasukkan.

Nah, Cakap People kini tahu bukan air es sangat tidak dianjurkan diminum saat kepedasan. Karena sama sekali tak bisa meredakan sensasi pedas. Justru air hangat bisa jadi pilihan tepat buatmu saat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Promosikan Pariwisata, Film Karya Sineas Indonesia Diputar di Cina

Kemenag Keluarkan Kartu Nikah, Samakah dengan Buku Nikah? Berikut Faktanya