in ,

Hentikan! Ini Dampak Buruk Kebiasaan Minum Air Dingin saat Kepedasan

CakapCakap – Indonesia kaya akan kulinernya yang enak dengan aroma bumbu rempah yang begitu khas. Selain itu, ragam makanan di tanah air juga banyak yang dibuat dengan rasa pedas. Bahkan begitu digemari masyarakat, termasuk Cakap People pastinya ya.

Mengonsumsi makanan pedas memang menyenangkan. Sensasi pedas dan panas yang dihasilkan  di lidah membuat banyak orang ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi. Hal ini seperti jadi sebuah candu yang tak akan pernah ada habisnya.

Makanan pedas via Hellosehat.com

Tidak heran jika di tempat makan, selalu tersedia sambal dan merica jika sewaktu-waktu pelanggan merasa makanannya kurang pedas dan membutuhkan perasa pedas tambahan. Tingkat kepedasan makanan juga sangat beragam. Beberapa rumah makan bahkan memberi tingkat rasa pedas atau level pada jenis makanan yang mereka jual.

Konsumsi makanan pedas akan lebih lengkap dengan adanya minuman dingin atau es. Air es dipilih karena dianggap mampu meredakan rasa pedas dengan cepat. Mulai dari es teh, es jeruk ataupun es yang lainnya, selalu tersedia untuk menemani konsumsi makanan pedas yang dibeli.

Konsumsi minuman dingin memang dapat meredakan sensasi panas di mulut namun setelah itu rasa pedas di mulut akan terasa berkali lipat. Konsumsi air dingin juga membuat kepekaan lidah menjadi berkurang terhadap rasa.

Alhasil, rasa nikmat makanan yang disantap akan kalah dengan rasa dingin serta pedas yang justru bertambah. Inilah kenapa, konsumsi makanan pedas lebih baik ditemani dengan minuman yang hangat saja.

MInuman dingin via Lancarasi.net

Makanan pedas mengandung zat capsaicin yang akan larut jika bertemu dengan air hangat. Zat satu ini merupakan jenis zat yang tidak bewarna juga tidak berbau. Zat capcaisin paling banyak terkonsentrasi dalam lada.

Ketika zat capsaicin melakukan kontak dengan reseptor di lidah manusia, zat tersebut akan mengirimkan sinyal-sinyal saraf menuju otak. Sinyal tersebut memberi tahu kepada kita jika kita tengah memakan sesuatu yang tidak seharusnya dimakan.

Konsumsi air hangat sendiri akan membuat rasa pedas di lidah semakin terasa. Namun setelahnya, rasa pedas akan menjadi lebih cepat hilang. Dengan demikian, bagi Cakap People yang gemar mengonsumsi makanan pedas dan ingin segera menghilangkan rasa pedas begitu selesai makan, maka bisa memilih air hangat saat makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Duh, Tak Gentle! 4 Zodiak Cowok Ini Suka Mutusin Pacar Via Pesan Singkat

Viral! Sandal Jepit Jadi Mahar Pernikahan di Kebumen