in

Hati-Hati! Ponsel Cerdas Kamu Ternyata Bisa Jadi Sumber Penyakit

Hampir setiap hari semua orang menggunakan ponsel cerdas dalam aktivitas sehari-hari, sehingga perangkat itu bisa menjadi sarang kuman. Via starjogja.com

CakapCakap – Setiap orang saat ini menjalani aktivitas sehari-harinya dengan menggunakan ponsel cerdas atau smartphone. Bahkan, perangkat canggih itu pun mungkin hampir tidak pernah lepas dari tangan, termasuk juga Cakap People. Makanya, tidak heran jika ponsel cerdas kamu akan menjadi sarang bakteri, karena tangan yang memegangnya sepanjang hari sudah menyentuh berbagai benda. Hal yang lumrah jika disebut sebagai salah satu benda paling kotor yang selalu digunakan siapa saja.

Hampir setiap hari semua orang menggunakan ponsel cerdas dalam aktivitas sehari-hari, sehingga perangkat itu bisa menjadi sarang kuman. Via starjogja.com

“Orang sangat jarang membersihkan ponsel. Akibatnya kuman dan bakteri terakumulasi termasuk di dalamnya E. coli, virus flu, MRSA, dan lain-lain,” ungkap ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona Charles Gerba di laman Republika.co.id. Para peneliti pun menemukan bahwa smartphone punya 10 kali lebih banyak bakteri dan kuman daripada dudukan toilet, yang tentu juga bisa menjadi sumber penyakit. Makanya, Gerba pun menyarankan agar ponsel selalu dibersihkan satu kali dalam sehari.

Bahkan, frekuensi membersihkan ponsel perlu diperbanyak jika kamu sering meminjamkannya pada orang lain. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan ponsel. Misalnya dengan mengusap ponsel menggunakan kain mikrofiber, atau terlebih dahulu sudah dibasahkan dengan air atau alkohol, atau hand sanitizer agar lebih bersih. Yang lain, bisa pula menggunakan lampu UV yang dapat membunuh 99,9 persen bakteri. Selain itu, jangan lupa rajinlah mencuci tangan, dan jangan pernah membawa ponsel ke kamar mandi, karena itu adalah sarang kuman dan bakteri terbanyak.

Ponsel cerdas harus dibersihkan secara rutin minimal sekali dalam sehari. Via merdeka.com

Menurut laman VIVA.co.id, ponsel juga bisa dibersihkan menggunakan air sulingan yang dicampur dengan cuka, karena sama-sama dapat membunuh dan menghilangkan mikroba penyebab penyakit dari ponsel. Bahan yang dibutuhkan adalah air sulingan, cuka, botol semprotan dan kain tanpa serat. Untuk membuatnya, campur air sulingan dan cuka dengan rasio 50-50, lalu kocok sampai menyatu. Kemudian, caira tersebut bisa langsung disemprotkan kepada kain dan mengelapnya pada ponsel.

Cara dengan menggunakan cairan campuran cuka ini bisa digunakan karena beberapa jenis ponsel memang tidak direkomendasikan menggunakan alkohol. Bahkan, cara ini tak hanya bisa membuang kotoran, tapi juga menghilangkan sidik jari dan minyak di ponsel. Selamat mencoba Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Butuh Power Bank? Kamu Bisa Pinjam Lewat Aplikasi Smartphone Ini

Merasa Kecanduan, 4 Artis Ini Pilih Vakum dari Instagram!