in ,

Hati-Hati! Kebiasaan Berolahraga di Malam Hari Ternyata Bisa Berdampak Negatif

CakapCakap – Setiap orang, termasuk Cakap People pasti sepakat bahwa olahraga bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh manusia, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi, berolahraga pun tentu ada aturannya. Misalnya, waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Namun, karena padatnya kegiatan sehari-hari, maka olahraga malam hari pun jadi pilihan. Namun perlu diketahui, ternyata berolahraga di malam hari bisa berdampak negatif bagi tubuh kita.

Olahraga di malam hari akan menyebabkan perubahan yang bisa mengecoh jam biologis tubuh, karena malam hari harusnya waktu untuk tidur. Via tribunnews.com

Jika memaksakan olahraga malam-malam, maka akan terjadi perubahan yang bisa mengecoh jam biologis tubuh, di mana seharusnya pada larut malam adalah waktunya untuk tidur, seperti dimuat dalam laman HelloSehat.com. Akibatnya, tubuh jadi mudah sakit dan cepat capek. Dampak pertama yang bisa dirasakan adalah berkurangnya daya tahan tubuh, karena tubuh akan kehilangan begitu banyak energi tanpa sama sekali ada jeda yang cukup untuk istirahat setelah seharian beraktivitas.

Kemudian, tubuh juga akan lebih gampang sesak napas, karena udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit dibanding pagi atau sore. Sedangkan kegiatan berolahraga membutuhkan banyak oksigen, agar pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Tak hanya itu saja, kamu yang suka berolahraga di malam hari, biasanya juga akan mengalami sulit tidur. Berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur memang membuat kamu jadi sulit tidur, apalagi jika berolahraga terlalu berat.

Olahraga di malam hari tidak dilarang, tapi harus melambatkan ritme dan mengurangi intensitasnya, Via parenting.co.id

Lalu, apakah olahraga di malam hari sama sekali tidak boleh? Sebenarnya, berolahraga di malam hari tidak dilarang. Tidak ada salahnya berolahraga seperti biasa, bahkan meskipun di malam hari, namun harus melambatkan ritme dan mengurangi intensitasnya, seperti dijelaskan di laman Kompas.com. Berolahraga di malam hari dengan kecepatan dan daya yang jauh lebih lambat, maka akan membuat tubuh jadi mudah mengatur detak jantung, pernapasan dan menjaga kadar hormon tetap normal.

Selain itu, jangan lupakan pemanasan dan pendinginan setelah olahraga. Pemanasan sangat berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya. Jangan lupa pula untuk membuat catatan hasil dari olahraga malam hari untuk membandingkan efek yang dialami tubuh setelah berolahraga. Nah, selamat olahraga Cakap People!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Xiaomi Kini Sudah Punya Produk Mobil SUV Xiaomi Redmi Car

Jangan Salah! Latihan Angkat Beban Ternyata Juga Punya Banyak Manfaat Bagi Wanita