in ,

Hati-Hati, Cuaca Panas! Jangan Sering Parkir Mobil di Area Outdoor

CakapCakap – Kondisi cuaca di Indonesia ini belakangan memang tidak menentu. Hampir sebagian besar wilayah Indonesia memang sedang mengalami musim panas, bahkan hingga kemarau. Cakap People sendiri mungkin juga bisa merasakannya. Cuaca yang sangat panas itu pun ternyata sangat berpengaruh bagi para pemilik mobil. Pasalnya, cuaca yang sangat panas dapat saja mengganggu kesehatan pengendara, bahkan juga bukan tidak mungkin akan merusak sejumlah bagian mobil.

Terlalu sering memarkirkan mobil di area outdoor di bawah terik matahari langsung bisa merusak sejumlah bagian mobil. Via moneysmart.id

Menurut penasehat layanan bengkel mobil Honda Pondok Indah Jakarta, Ali di laman VIVA.co.id, sebaiknya para pemilik mobil tak sering memarkirkan kendaraannya di area outdoor. Pasalnya, itu akan berdampak buruk pada mobil, salah satunya akan merusak kaca film yang berfungsi menghalau panas terik matahari. “Selain itu dashboard akan retak atau kusam, tapi itu juga dalam jangka waktu yang panjang bisa tahunan. Karet wiper akan cepat keras jika sering terjemur matahari,” jelasnya.

Ali juga menyarankan agar pemilik membiarkan kaca mobil terbuka sedikit agar ada sirkulasi udara, jika terpaksa harus memarkirkan kendaraan di tempat terbuka di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, ketika akan kembali mengemudi, biasakan untuk membuka kaca lebih dulu, agar hawa panas lebih cepat keluar, sekaligus mengeluarkan senyawa kimia dari benda-benda di dalam kabin mobil saat terjemur matahari. “Suhu lebih panas di dalam mobil ketimbang cuaca di luar, karena volume mobil lebih kecil. Maka lebih baik turunkan sedikit kaca untuk sirkulasi udara,” pungkasnya.

Jika terpaksa memarkirkan mobil di tempat terbuka yang panas, jangan lupa tegakkan wiper. Via liputan6.com

Laman MoneySmart.id juga memberikan saran yang hampir tidak jauh berbeda, jika terpaksa harus memarkirkan mobil di bawah terik matahari langsung. Selain menurunkan kaca mobil sekitar 0,5 cm dan jangan langsung menyalakan AC ketika kembali masuk ke mobil, sebaiknya juga biasakan untuk menegakkan wiper selama di parkir, agar karetnya tidak cepat getas. Kemudian, jangan sekalipun pernah meninggalkan benda yang mudah meledak di dalam mobil, selama diparkir di tempat panas.

Terakhir, jika mobil terlalu sering diparkirkan di area outdoor, maka kamu juga harus rajin memoles mobil, minimal tiga bulan sekali, agar tetap terlihat kinclong. Nah, para Cakap People harus ingat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mobil Jeep Eks Perang Dunia II Dijual Rp 1,9 M, Tertarik?

Punya Sepatu Kekecilan? Jangan Buru-buru Dibuang, Atasi dengan 4 Trik Sederhana Ini!