in ,

Hanya Olahraga Renang yang Bisa Berikan Kamu 3 Kebaikan Ini!

CakapCakap – Berenang merupakan salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, olahraga yang satu ini juga terbilang menyenangkan untuk dilakukan. Kamu bisa berenang dengan siapa saja, misalnya saja teman atau pasangan. Apa Cakap People salah satu yang melakukan olahraga berikut secara rutin? Maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat baik dari olahraga ini.

Sebab ada beberapa kebaikan yang bisa diberikan olahraga renang dan tak akan kamu dapatkan dari alternatif olahraga yang lain. Lantas, apa saja kebaikan-kebaikan tersebut? Nah, kamu bisa mendapatkan jawabannya di ulasan berikut ini loh!

1. Otot makin kuat

Dapat menggerakkan seluruh bagian tubuh via Bolastylo.bolasport.com

Apa kamu sedang mencari-cari alternatif olahraga yang bisa membuat seluruh otot tubuh bergerak aktif? Maka berenang jadi jawabannya. Sebab renang tidak hanya membuat tubuh bugar saja, melainkan ia juga akan menekan tubuh supaya lebih bergerak aktif. Kaki serta tangan pun akan secara otomatis melawan arus dalam air guna bergerak maju. Sedangkan otot bagian perut, punggung dan pinggul berfungsi guna menjadikan tulang belakang, badan serta kepala lebih stabil. Manfaat renang bagi tubuh pun cukup dahsyat, yakni membuat aliran darah lebih lancar, menjaga kesehatan organ paru-paru hingga menjadikan jantung lebih kuat.

2. Punya risiko cedera yang minim

 

Ibu hamil juga bisa berenang via Tipsolahraga.com

Berenang termasuk jenis olahraga yang low impact dengan risiko cedera yang sangat minim. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh adanya daya apung air yang bisa memangkas beban yang harus kamu topang. Jika dibandingkan dengan berlari, yang mana sendi kaki dapat mengalami risiko cedera lantaran berat badan yang harus diangkut oleh kaki selama lari. Sementara dengan berenang persendian kamu malah akan dilindungi lantaran tekanan dari air bukanya terkena benturan keras yang terbilang berbahaya. Tetapi pada atlet renang risiko cedera malah jauh lebih besar lantaran mereka melakukan gerakan kaki serta tangan secara berulang.

3. Dapat dilakukan siapa saja

Bisa dilakukan oleh semua kalangan via Baiqrosmala.com

Seperti yang telah dijelaskan jika olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh semua kalangan. Baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Menurut seorang ahli fisiologi olahraga dari The University of New Mexico, Robert A. Robergs menjelaskan jika dengan berenang maka masalah seperti berat badan, gangguan muskuloskeletal hingga rematik dapat diatasi. Ketika kamu masuk ke kolam renang dengan air yang setinggi bagian pinggang, maka tubuh hanya akan menanggung beban 50% saja dari total keseluruhan berat badan kamu. Sementara jika airnya setinggi dada maka berat yang ditopang mencapai 25%-35% dari bobot tubuh. makin tinggi air yang kamu masuki akan makin kecil juga tumpuan berat badan yang akan kamu topang.

Hal tersebut ternyata lantaran adanya pengaruh dari daya apung air selama kamu berenang. Oleh karena itu, manfaat berenang juga bisa dirasakan oleh semua orang, termasuk yang memiliki masalah pada tulang dan otot. Jadi kamu tak perlu merasa kesakitan sebab ada daya apung air yang bisa membuat rasa nyeri jadi ringan serta menjadikan kebugaran lebih meningkat.

Sudah timbul minat guna melakukan olahraga renang dengan rutin Cakap People? Kamu bisa memasukkan olahraga yang satu ini ke dalam daftar aktivitas fisik favorit. Sehingga manfaat-manfaat di atas bisa kamu dapatkan! Semoga bermanfaat ya!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beliebers! Justin Bieber Isyaratkan Buat Album Baru

Membanggakan, Ini Dia Nike Ardilla dan 4 Lady Rocker Terbaik Tanah Air