in ,

Gurih dan Lezat, Ini Resep Membuat Lumpia Semarang!

CakapCakap – Ketika memasuki musim hujan seperti saat ini, maka menu makanan yang punya sensasi rasa hangat sangat diminati oleh banyak orang. Namun hidangan hangat tak selalu yang berkuah, sebab makanan non kuah pun juga tersedia Cakap People. Misalnya saja gorengan yang punya tekstur renyah dengan sensasi rasa hangat.

Siapa yang sudah mulai ngiler saat membayangkannya? Salah satu menu gorengan yang bisa kamu buat sendiri di rumah ialah lumpia khas Semarang. Kamu tak perlu jauh-jauh ke Semarang guna bisa mencicipi menu berikut. Sebab kamu sendiri bisa membuatnya di rumah. Ingin tahu caranya? Coba yuk ikuti ulasan di bawah ini!

Bahan-bahan

Pilih kulit lumpia yang sudah jadi via Jatengtoday.com

Tentunya kamu tak akan bisa membuat lumpia Semarang tanpa menyediakan aneka bahan-bahan yang dibutuhkan. Coba catat dan perhatikan ya bahan-bahan apa saja yang wajib kamu persiapkan! Sebelum menyiapkan bahan isian, maka sebelumnya siapkan terlebih dahulu kulit lumpia yang siap pakai, baru kemudian beberapa bahan berikut ini!

Bahan isian:

  • Udang segar 150 gram, kupas lalu cincang kasar
  • Kaldu ayam 1,5 sendok teh
  • Telur 3-5 butir
  • Rebung segar 750 gram, potong menyerupai korek apik, rebus
  • Garam secukupnya
  • Air 150 ml
  • Saus tiram 3 sendok makan
  • Gula 1,5 sendok makan

Bumbu halus:

  • Merica ½ sendok teh
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 9 butir

Cara membuat

 

Lumpia khas Semarang via Kincir.com
  1. Mula-mula, tumis bumbu halus sampai keluar aroma harum dan matang. Kemudian masukkan udang, lalu aduk hingga warnanya berubah. Jika sudah, maka sisihkan di area pinggir wajan.
  2. Kemudian masukkan telur, lalu buat orak arik. Tambahkan rebung yang sudah direbus, air serta bumbu lain. Lalu aduk hingga rata dan masak sampai agak kering atau hingga bumbu meresap.
  3. Selanjutnya siapkan kulit lumpia, berikan isian di dalamnya. Kemudian gulung dan rekatkan bagian ujungnya menggunakan putih telur. Lakukan sampai adonan dan bahan habis.
  4. Setelah itu, siapkan minyak dan goreng bungkusan lumpia menggunakan minyak panas sampai berubah warna jadi cokelat keemasan.
  5. Sajikan dengan menarik di kala hangat.

Supaya bisa menambah kenikmatan dari lumpia Semarang buatan Cakap People sendiri, maka kamu dapat menyajikannya bersama cocolan sesuai selera. Bisa saus tomat, sambal, mayonaise atau bahkan dengan cabai. Santap selagi hangat dengan minum kopi atau teh bersama keluarga. Pasti rasanya akan sangat istimewa. Selamat berkarya ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wah, Ternyata 4 Mantan Anggota JKT48 Ini Sudah Menikah loh! Siapa Saja?

Yuk! Rasakan Sensasi Segar, Sejuk, hingga Menegangkan di Situ Gunung Sukabumi