in ,

Goreng Pisang Sembari Celupkan Tangan ke Minyak Mendidih, Wanita Gorontalo Ini Jadi Viral

CakapCakap – Menggoreng menggunakan spatula tentu sudah biasa dilakukan. Namun bagaimana jika menggunakan tangan untuk menggoreng? Pernahkah Cakap People melakukannya? Hal ini tentu menjadi kejadian yang tidak biasa.

Salah seorang penjual pisang goreng di Gorontalo membuat takjub pelanggannya lantaran menggunakan tangan kosong saat menggoreng dalam minyak yang panas, mengutip dari Okezone yang melansir dari sebuah unggahan video YouTube Abu Lutfhfi Studio baru-baru ini.

Potret saat Hartin Maliki menggoreng pisang goreng dengan mencelupkan tangan ke minyak panas via Okezone.com

Adalah Hartin Maliki usia 60 tahun yang juga akrab disapa dengan panggilan Ta Nou. Ia mengaku menjual pisang goreng untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan untuk biaya anaknya bersekolah.

Ta Nou mengatakan jika awalnya, ia mendapat bisikan ketika menggoreng pisang 11 tahun yang lalu yang meminta wanita ini untuk mencelupkan tanggannya ke dalam minyak panas. Ia percaya akan bisikan tersebut dan mencelupkan tangannya sembari mengucapkan bismillahirahmanirrahim. Nyatanya minyak tersebut tidak terasa menyakitkan, ia bahkan mampu membolak balikkan pisang dalam penggorengan hingga merata dan matang. Ia juga melakukan hal ini berulang kali.

“Rasanya hangat saja, tidak panas. Orang-orang yang mengantri pisang semuanya melotot melihat kehebohan saya menggoreng pisang menggunakan tangan” ujar Ta nou.

Kisah Ta Nou, wanita asal Gorontalo ini sendiri memang sudah terkuak sejak tahun 2017 pasca video dirinya menggoreng dengan mencelupkan tangan ke minyak goreng panas ini diunggah pengguna Twitter Iman Sjafei pada akun @imanlagi pada 30 Maret 2017 yang kemudian sosok Ta Nou diliput Kompas dan kisahnya ditulis pada 2 Juni 2017.

Dengan kemampuan Ta Nou tersebut para pelanggan yang membeli pisang gorengnya justru semakin banyak dari biasanya apalagi jika bulan Ramadhan tiba. Para pembeli bahkan rela mengantri dan berdiri lama-lama untuk bisa menyaksikan aksi Ta Nou mencelupkan tangannya ke dalam penggorengan berisi minyak yang panas.

Setelah shalat, para warga akan berdatangan untuk mencari pisang goreng buatannya. Ada pisang raja atau pisang sepatu yang mengkal lalu dibelah menjadi bentuk kipas dan dilumuri tepung untuk kemudian digoreng hingga matang.

Hartin Maliki, wanita Gorontalo bersama empat dari 5 cucunya via Kompas.com

Aksi menggunakan tangan untuk menggoreng, biasanya dilakukan dengan gerakan yang cepat. Hal ini dilakukan supaya tangan tidak terluka akibat menyentuh minyak yang telah panas dan meletup-letup tersebut.

Aksi semacam ini sebaiknya tidak dilakukan di rumah sendirian. Kalaupun Cakap People ingin mencobanya, sebaiknya dilakukan dengan ahli kimia atau dengan orang yang sudah berpengalaman untuk melakukan pendampingan. Meski demikian, hal semacam ini tentu berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak paham mengenai teori dari reaksi kimia di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Lexus UX 300e, Crossover Terkecil Bertenaga Listrik Siap Meluncur

Lakukan 4 Cara Jitu Ini untuk Dekati Calon Mertua Agar Tak Diremehkan