in ,

Gokil! Di Australia Ada 65.000 WNI yang #NyoblosDiRantau

CakapCakap – Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat sekitar 2 juta Warga Negera Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri dan sudah memiliki hak suara untuk tahun ini. Dengan demikian, jelas ada 2 jutaan surat suara yang sudah tercoblos di luar negeri sebelum pelaksanaan pemilu di Indonesia pada 17 April 2019 nanti. Seperti diketahui, pemilihan umum di Luar Negeri sudah berlangsung pada 8 April dan berakhir  14 April 2019. Bagaimana dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Australia?

Sosialisasi Pemilu RI di Melbourne
https://panwaslumelbourne.com/agung/berita/jogdas_20181026165653.jpg

Ternyata di Australia, ada sekitar 65.000 WNI yang masuk daftar pemilih. Dari seluruh pemilih di Australia, jumlah WNI terbanyak ada di kawasan New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan yang totalnya mencapai 25.000 pemilih. Sementara itu, di kawasan Ibukota Australia (ACT) ada 1.235 orang, di negara bagian Victoria dan Tasmania ada sekitar 1.235 orang, dan di Australia Utara mencapai 880 orang. Seluruh pemilih ini menggunakan hak politiknya #NyoblosDiRantau serentak pada 13 April 2019.

Guna memperlancar pelaksanaan pemilu, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) yang tersebar di beberapa negara bagian Australia menyebarkan seluruh surat suara ke masing-masing negara bagian. Di Melbourne sendiri, Kilin Prasetyo selaku Sekretaris PPLN Melbourne menyebutkann bahwa seluruh pemilih memiliki 2 metode pemilu yang bisa dipilih. Pertama adalah datang langsung ke TPS di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Melbourne, atau yang kedua adalah melalui TPS Pos. TPS Pos memungkinkan para pemilih menerima surat suara melalui pos, dicoblos di rumah, dan dikirimkan kembali melalui pos juga.

PPLN Sydney
https://pemilusydney.org.au/wp-content/uploads/2018/04/PPLN-Sydney.jpg

Hebatnya, Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk WNI Australia tidak hanya terdapat di Kantor KJRI, tetapi bahkan menggunakan berbagai tempat publik di Australia. Dimana saja? Tercatat beberapa tempat tersebut adalah Sydney Town Hall, Good Luck Plaza, Community Centre di Marrickville, dan Community Centre di Tagona. Di Queensland, TPS terdapat juga di Sherwood State School. Sementara itu di Adelaide, TPS ada di Perpustakaan Nasional Australia Selatan.

Pemilu 2019  sudah dilaksanakan serentak pada 13 April 2019 untuk WNI yang ada di Australia. Setelah terkumpul, maka semua surat suara dikirimkan ke KJRI Melbourne sebagai pusat PPLN di Australia. Setelah itu Cakap People, penghitungan suara akan dilaksanakan di KJRI Melbourne, pada 17 April 2019 pukul 16.00 waktu setempat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kisah Herlina, Pengabdian di Timur Indonesia

Manusia Spesies Baru, Homo Luzonensis Ditemukan di Filipina, Benarkah?