in ,

Gila! Berhasil Salip Microsoft, Ternyata Ini 5 Kunci Rahasia Kesuksesan Amazon

CakapCakap – Cakap People, tahukah kamu kalau Amazon merupakan perusahaan yang telah berhasil melampaui perusahaan teknologi Microsoft? Perusahaan ini memiliki nilai pasar mencapai USD 796,8 Miliar atau jika dirupiahkan maka kira-kira adalah 11,187 triliun. Sedangkan microsoft memiliki nilai USD 783,4 miliar atau kira-kira 10,99 triliun.

Meski harga saham Amazon sempat mengalami penurunan pada tahun 2003 namun di awal tahun ini, Amazon mampu memposisikan diri di puncak. Hal ini ditandai dengan kenaikan saham Amazon yang mencapai 8,5 persen pada tanggal 7 Januari 2019.

Meroketnya harga saham Amazon bukan tanpa alasan, namun karena beberapa faktor yang berikut ini.

Dominasi pasar e-Commerce

Ilustrasi E-commerce via Kinciakincia.com

Pada tahun lalu, Amazon mampu menyumbang setengah dari semua penjualan e-Commerce di negara Amerika Serikat. Adapun 90 persen dari pendapatan Amazon adalah dari ritel e-Commerce.

Layanan untuk menyimpan data

Amazon via Cnbcindonesia.com

Meski cloud microsoft tumbuh dengan cepatnya, namun Amazon Web Service tetaplah yang terbesar. Hal ini dikarenakan Amazon mampu mengendalikan 40 persen dari pasar cloud di ruang publik. Amazon juga berencana untuk mengambangkan cloudnya lebih luas hingga ke Italia, Afrika Selatan, Hong Kong, Bahrain dan lain sebagainya.

Memiliki bisnis kesehatan, iklan dan Alexa

Amazon alexa via Hitekno.com

Amazon memiliki beberapa segmen bisnis lainnya seperti Alexa, Iklan dan kesehatan. Alhasil, pemasukan mereka tidak hanya berasal dari e-Commerce dan cloud saja namun juga dari pendapatan yang lain. Bahkan baru-baru ini bisnis Alexa dalam Amazon dikabarkan memiliki intregasi dengan Microsoft Cortana.

Tidak adanya masalah yang berarti

Pasar e-commerce makin melejit via Tempo.co

Menurut Anthony Chukumba dari Loop Capital, perusahaan Amazon tidak memiliki masalah berarti seperti halnya perusahaan yang lain. Hal inilah yang mendorong  Amazon menjadi sebuah perusahaan besar di dunia.

Tim kepemimpinan yang solid

Ilustrasi solidnya tim via Smart-money.co

Alasan kenapa saham Amazon meroket selanjutnya adalah karena kepemimpinannya yang solid. Jeff Bezos mampu mengumpulkan sekelompok esksekutif yang setia. Ke-20 eksekutif ini dikenal dengan stabilitasnya dalam mempertahankan perusahaan yang dikelola.

Keberadaan Amazon tentu tidak lepas dari para pengelola yang terlibat didalamnya. Mereka mampu membuat tim yang solid dan menjadikan Amazon menjadi salah satu perusahaan terbesar hingga sekarang ini.

Cakap People, tampaknya kunci rahasia kesuksesan dari Amazon ini wajib kamu terapkan dalam bisnis yang hendak kamu rintis saat ini. Semua harus dimulai dari awal dan dipastikan berjalan sistematis agar segala resiko yang ada bisa diatasi dan diantisipasi dengan baik.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Mobil Anyar Ford Fiesta 2019 Bakal Jadi SUV Baru, Ini Penampilannya!

Bikin Salut, 5 Artis Ini Tak Gengsi Belanja di Pasar Tradisional!