in ,

Gak Receh! Panaikang Birayya Bulukumba Wajib Masuk Destinasi Liburanmu

CakapCakap — Liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi ya Cakap People. Banyak orang yang well-planned sudah merencanakan tempat-tempat yang akan mereka kunjungi di liburan panjang akhir tahun besok. Kalian termasuk orang yang seperti itu?

Satu obyek wisata keren yang wajib untuk dikunjungi di Bulukumba adalah Panaikang Birayya. Cakap People adakah yang sudah pernah main kesana? Buat kalian yang belum pernah dengar, Bulukumba adalah kabupaten yang terletak sejauh 150 kilometer dari kota Makassar, Ibukota Sulawesi Selatan. Walaupun lokasinya agak jauh dari pusat provinsi, Bulukumba menyimpan ribuan cara untuk memanjakan pengunjungnya, termasuk dari obyek wisata yang ditawarkan. Kabupaten yang memiliki julukan Butta Panrita Loppi ini memang terkenal dengan pantai Bira yang punya pasir putih yang halus seperti tepung terigu. Tapi selain pantai yang sudah mendunia ini, kalian juga harus mengunjungi obyek wisata lain, termasuk Panaikang Birayya.

Spot Ayunan di Panaikang Birayya via Berita Bulukumba.

Panaikang Birayya adalah tebing yang mengarah ke laut lepas yang indah. Sebagai salah satu obyek wisata baru, pengunjung yang kekinian akan sangat puas ketika berhasil datang ke tebing ini. Tebing ini terletak di Desa Darubiah, sejauh 35 kilometer dari pusat kota Bulukumba, atau 4 kilometer sebelum mencapai Tanjung Bira. Pengunjung bisa mencapai tebing ini setelah menempuh perjalanan sejauh 1 jam dari pusat kota. Ketika tiba, pengunjung dapat menikmati banyak tempat berfoto, mulai dari pondok indah, jembatan pelangi, rumah alang-alang, ayunan, baranda, dan lainnya. Keunikan dari masing-masing tempat berfoto ini adalah pemafaatan bahan seadanya dari alam, barang bekas, serta barang antik, seperti sepeda motor dan sepeda kayuh.

Salah satu spot foto di Panaikang Birayya via Istimewa.

Diketahui untuk membangun kawasan wisata ini, pengelola telah mengucurkan dana sebesar Rp 153 juta rupiah, termasuk untuk membangun semua wahana foto, penginapan, dan fasilitas umum lainnya seperti toilet. Kawasan yang baru dibuka sejak Februari 2017 ini memiliki tarif yang murah untuk pengunjung yang ingin menikmati semua fasilitas di dalam Panaikang Birayya. Setiap pengujung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- murah ‘kan? Jika kalian membawa kendaraan, setiap sepeda motor harus membayar parkir sebesar Rp. 2.000,- dan mobil sebesar Rp. 10.000,-. Bagi pengunjung yang ingin menginap, pengelola menyediakan fasilitas penginapan dengan harga Rp. 250 ribu hingga Rp. 300 ribu untuk satu malam. Tapi selain menginap di penginapan, banyak pengunjung yang juga membawa tenda untuk ngecamp di sini loh!

Nah, tambah satu referensi ‘kan untuk berlibur di Bulukumba. Cakap People tertarik untuk mengunjunginya? Yuk bareng! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Oh! Ini yang Dilakukan Mantan Saat Stalking Medsosmu!

Digitalisasi Gowa Menuju Smart City dengan PRIMERO