in ,

Duh! Sampah dari Indonesia Ternyata Hanyut Sampai ke Pesisir Inggris

Sampah-sampah yang menumpuk di pinggir pantai. Via kompas.com

CakapCakap – Masih banyak orang yang hidup dengan ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar. Buktinya, Cakap People dapat melihat ada banyak orang yang suka membuang sampah sembarang, meskipun sebenarnya sudah ada tempat sampah yang disediakan di berbagai ruang publik. Bahkan, bukan tak kamu juga termasuk orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan tersebut. Padahal, kebiasaan itu akan mendatangkan banyak sekali efek negatif, salah satunya adalah banjir.

Sampah-sampah yang menumpuk di pinggir pantai. Via kompas.com

Fakta mengejutkan yang baru terungkap belum lama ini, ternyata sampah dari Indonesia pun dapat ditemukan hingga ke pesisir Inggris. Seperti dilansir oleh laman Kompas.com, kelompok pembersih pantai menemukan sampah-sampah yang berasal dari Indonesia hanyut dan terdampar di Guernsey, Kepulauan Channel, Inggris. Memang tak hanya dari Indonesia, tetapi dari seluruh dunia. Beberapa sampah itu pun termasuk tumpukan plastik, karet, jaring, polister, perkakas, tabung, dan karung.

“Pembersih pantai menemukan produk dari AS, Spanyol, Kanada, Argentina, Perancis, Cina, Korea Selatan, Indonesia, Yunani, Tunisia, Turki, Singapura, Nigeria, Korea Selatan, Malaysia, Rusia, Jerman, Denmark, dan Belanda. Sampah-sampah laut menjadi bahaya utama bagi satwa liar,” ungkap salah seorang fotografer, Richard Lord yang bergabung dengan kelompok pembersih pantai tersebut, dan selama 10 tahun telah mengunggah foto-foto sampah itu ke media sosial. Asal sampah itu sendiri bisa dilacak lewat kode serial dan bahasa yang tertera pada label kemasan sampah-sampah tersebut.

Sampah-sampah yang merusak lingkungan perairan laut. Via mongabay.co.id

Sesama rekan pembersih pantai yang bekerja di perusahaan investasi Janet Unitt, juga mengunggah foto-foto sampah tersebut di media sosial. Dia pun mempertanyakan mengapa sebuah pulau kecil di tengah-tengah Selat Inggris mendapatkan sampah yang jauhnya dari timur. “Saya ingat pertama kali menemukan sebuah barang dari negara bagian timur tersapu bersih. Sampah itu botol kosong jus jeruk. Saya terpana karena barang itu datang sejauh ini. Saya mulai membersihkan tanjung yang berbatu, semakin dibersihkan, saya malah menemukan barang-barang dari Eropa dan Timur muncul dan itu membuat saya marah,” ungkap Janet pula seperti dikutip dari laman Tempo.co baru-baru ini.

Makanya, Cakap People jangan pernah membuang sampah sembarangan lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Viral! Terpaut Usia 24 Tahun, Raja Malaysia Nikahi Miss Moscow 2015

Hati-Hati! Telat Bayar Pajak, Kendaraan Bakal Disita Polisi