in ,

Dijamin Rileks! Yuk, Kenali Minyak Essensial yang Booming di Kalangan Selebgram!

Cakapcakap – Cakap people yang aktif di instagram dan follow artis-artis, influencer atau yang lebih dikenal dengan selebgram, pasti tidak asing lagi dengan instastory mereka. Tidak jarang para artis atau selebgram tersebut membuat instastory ketika dirinya sedang menggunakan atau memakai suatu produk dalam rangka mempromosikannya.

Salah satu produk yang sedang sering dipromosikan oleh para artis dan selebgram adalah bermacam Essential Oil yang memiliki banyak klaim seputar kesehatan tubuh.

Tapi bagaimana sih cara menggunakan minyak essensial yang benar? Dilansir dari alodokter.com, ini dia beberapa cara penggunaan minyak essensial. Yuk, simak!

1. Dicampur dengan Air Panas 

Campurkan beberapa tetes ke dalam air hangat. (via pixabay.com/qimono)
https://pixabay.com/en/water-drop-droplet-liquid-mirror-1828846/

Cara menghirup minyak essensial yang dicampur dengan air panas diklaim dapat mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat. Minyak essensial yang biasanya digunakan adalah minyak yang berasal dari tanaman mint, eucalyptus dan pinus. Satu baskom air dapat dicampur dengan 10 tetes minyak essensial.

2. Dipanaskan dengan Api Kecil

Diffuser berbentuk tungku tradisional. (via pixabay.com/ckahlon)
https://pixabay.com/en/essential-oils-essential-oil-diffuser-1767871/

Cara ini hampir sama dengan menggunakan air panas, bedanya tidak menggunakan campuran air namun langsung minyak yang dipanaskan. Biasanya orang menggunakan wadah dan kompor atau tungku kecil untuk cara ini. Meskipun proses pemanasan membuat aroma minyak essensial lebih cepat menyebar, namun proses ini juga dapat mengurangi manfaat dari minyak tersebut.

3. Cukup dengan Cara Disemprot

Botol spray seperti ini juga dapat digunakan. (via pixabay.com/Engin_Akyurt)
https://pixabay.com/en/spray-bottle-wet-drop-reflection-3033268/

Perbandingan minyak essensial dan air di dalam botol semprot adalah lima sampai sepuluh tetes minyak untuk sekitar 30 ml air. Setelah itu kocok dan semprotkan ke seluruh ruangan.

4. Menggunakan Diffuser Elektrik 

Diffuser Minyak Esensial. (via pixabay.com/jill111)
https://pixabay.com/en/essential-oils-diffuser-aromatherapy-1958549/

Cara inilah yang banyak digunakan oleh para artis dan selebgram dalam mempromosikan minyak essensial. Diffuser adalah alat bertenaga listrik yang sama halnya dengan kompor, berfungsi memanaskan minyak essensial. Hanya saja,  dengan menggunakan alat ini, penyebaran uap dari minyak essensial semakin meluas.

Diffuser juga dapat memecahkan minyak menjadi molekul-molekul yang lebih mudah dihirup dan tercium aromanya. Sehingga menggunakan diffuser dianggap paling efektif untuk menstimulasi saraf-saraf pernapasan dan memberi dampak terhadap kesehatan fisik dan psikis.

5. Dijadikan sebagai Kompres

Kompres minyak essensial. (via pixabay.com/guvo59)
https://pixabay.com/en/wellness-carafe-purple-candle-3666624/

Cara ini dilakukan untuk bagian tubuh yang mengalami nyeri atau semacamnya. Cukup dengan satu liter air hangat dan tiga sampai enam tetes minyak essensial kemudian rendam handuk di dalam campuran tersebut. Tempelkan handuk setelah diperas pada bagian yang terasa nyeri atau sakit maksimal 20 menit secara berulang hingga rasa nyerinya hilang.

6. Dicampur ke Dalam Bak Mandi

Agar minyak essensisl lebih meresap, dicampurkan ke dalam bathtub. (via pixabay.com/mohamed_hassan)
https://pixabay.com/en/bathtub-bubble-women-bath-3629302/

Selain membuat kamu dapat menghirup aromanya, cara ini membuat minyak essensial terserap ke dalam pori-pori di seluruh tubuh dan memberikan manfaat lebih banyak lagi. Tambahkan minyak essensial sesuai dengan air yang kamu gunakan untuk mandi.

Nah, banyak alternatif cara penggunaan minyak essensial untuk tubuh, bukan? Meski essential oil ini punya banyak manfaat, tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan aturan penggunaan minyak ini dan jangan berlebihan, ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mau Coba Olahraga High Intensity Interval Training (HIIT)? Perhatikan Hal Ini!

Banyak yang Tak Tahu, Gerakan Ini Ternyata Bermanfaat Kecilkan Paha!