in ,

Deretan Teknologi Ini Ternyata Disesali Sendiri oleh Penemunya, Salah Satunya Facebook!

CakapCakap – Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi memang kian hadir di tengah-tengah kita. Teknologi yang tercipta saat ini tentu hadir melalui tangan para ilmuwan yang handal dan mahir dalam bidangnya Cakap People. Sebab tak akan mungkin ada teknologi yang tercipta tanpa adanya campur tangan seorang yang ahli.

Seringkali ilmuwan memang menciptakan suatu hal yang berguna bagi manusia. Tentu itu merupakan pencapaian yang cukup luar biasa. Bahkan jika teknologi tersebut berhasil tercipta dan berguna maka nama ilmuwan tersebut akan abadi dalam sejarah. Tetapi menjadi seorang pencipta maka otomatis juga memegang tanggung jawab yang besar. Terlebih jika penemuan tersebut akhirnya di salah gunakan. Maka sang penemu juga akan merasa bersalah. Misalnya saja beberapa penemuan ini ternyata disesali oleh penemunya sendiri. Apa saja?

1. Pesawat Terbang

Dua bersaudara penemu pesawat terbang via Internasional.kompas.com

Benda terbang berikut ini ditemukan oleh Wright bersaudara, yaitu Wilbur serta Orville. Keduanya membangun serta mendesain Wright Flyer dengan baik dan berhasil mencetak sejarah. Tetapi akhirnya Wilbur meninggal setelah 9 tahun pesawat ditemukan. Kala itu dirinya terkena penyakit typhoid. Sedangkan Orville malah jadi saksi hidup penemuan keduanya yang di salah gunakan. Di mana ia seolah menjadi saksi bahwa pesawat yang ia temukan bersama sang saudara dijadikan sebagai alat transportasi untuk mengangkut serta menjatuhkan bom pada Perang Dunia II. Padahal hal tersebut bertentangan dengan ideologi dari penemuannya, yang mana supaya apa yang ia temukan bisa membawa kedamaian. Bukannya kematian atau kerusakan.

2. Facebook

Sean Perker dan Mark Zuckerberg via Marketwatch.com

Pasti kamu sudah tahu bukan siapa penemu Facebook? Ia adalah CEO-nya sendiri, yaitu Mark Zuckerberg. Sebenarnya Zuck tak pernah menyesali penemuannya sendiri. Kendati telah banyak sekali berita-berita bohong yang tersebar melalui media sosial tersebut hingga munculnya skandal kebocoran data yang terjadi tahun lalu. Sosok yang menyesal malah orang yang ada di sekeliling Zuck, sebut saja salah satunya ialah Sean Parker. Dirinya juga turut mengembangkan Facebook bersama dengan Zuck.

Bahkan Zuck mengakui jika Parker merupakan sosok yang berperan cukup vital guna mengembangkan Facebook supaya berkembang lebih global. Pada 2017 lalu Parker beragumen jika Facebook memperoleh popularitas dengan memanfaatkan kerapuhan dari psikologis manusia. Ia mendapatkan hal tersebut dari tombol like yang mana seakan-akan kehebatan opini, lelucon hingga fotografi orang divalidasi. Tampaknya hal tersebut menjadikan Facebook hal adiktif, sehingga seolah platform tersebut hendak membuat orang kecanduan dengannya. Parker pun menganggap dirinya skeptis pada sosial media pasca menyaksikan bagaimana dampak media sosial pada manusia.

3. Bom Atom

Ledakan dahsyat dari bom atom via Szumszum.blogspot.com

J. Robert Oppenheimer merupakan sosok profesor Fisika yang menyesal terhadap penemuannya sendiri. Ia merupakan salah satu sosok yang dijuluki sebagai ‘Bapak Bom Atom’. Sebab ia adalah orang yang ikut berperan dalam mengembangkan senjata nuklir di tahun 1942. Mulanya ia cukup antusias serta semangat guna mengembangkan bom atom tersebut. Namun lambat laun ia mulai menyesal serta kemudian meninggalkan Proyek Manhattan dan berpamitan pada sosok Presiden AS kala itu, yakni Harry S. Truman. Ia menyebut jika mempunyai ‘tangan kotor’ lantaran ikut berperan dalam mengembangkan bom atom. Di mana bom atom telah banyak meregang nyawa dan menimbulkan kerugian masif.

Lantas, bagaimana menurut kamu Cakap People? Agaknya memang ada beberapa penemuan yang memang seolah di salah gunakan oleh orang lain. Padahal itu bukanlah tujuan awal dari sang penemu. Walau demikian para penemu juga ikut menyesali adanya kejadian tersebut.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Menyentuh Hati! Para Remaja Ini Mengajar Anak Autis Cara Bermain Skateboard Pada Ulang Tahunnya

Pria Pemburu Liar Ini Mati Diinjak-Injak Gajah, Lalu Dimakan Singa