in ,

Cuma 10 Menit, Begini Cara Praktis Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

CakapCakap – Hipertensi atau gangguan kesehatan berupa tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Penyebab dari hipertensi sendiri bisa jadi karena gaya hidup yang tidak sehat atau karena keturunan genetik. Apa Cakap People juga memiliki potensi penyakit satu ini?

Tenang, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi hanya dalam hitungan maksimal 10 menit. Tidak sulit dan cepat melakukan tindakan berikut ini.

1. Latih pernapasan lubang hidung kiri

Alat pengukur tekanan darah. Image by 1643606 on Pixabay

Langkah pertama dilakukan dengan cara melakukan pernapasan perut dalam agar tubuh menjadi lebih rileks. Manfaat lain dari pernapasan ini adalah untuk mengontrol tingkat tekanan darah dengan cara merelaksasi pembuluh darah serta mengurangi hormon stres.

2. Mendengarkan musik klasik

Rileksasi dengan mendengarkan musik. Image by sweetlouise on Pixabay

Mendengarkan musik klasik memang menyenangkan. Apalagi, mendengarkan musik klask juga bagus untuk menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Penurunan darah akan semakin optimal jika kamu menggabungkannya dengan meditasi atau latihan pernapasan.

Musik klasik bisa menghasilkan efek menenangkan serta mengurangi hormon stres, kortisol. Para peneliti percaya jika jenis musik yang mungkin mampu mengurangi tekanan darah adalah musik yang memiliki bagian yang diulang pada interval tertentu serta sedikit perubahan dalam ritmenya.

3. Pijat telinga dan leher

Pijat bagian leher dan telinga via Kompas.com

Cara selanjutnya adalah dengan memijat telinga dan leher. Ada beberapa titik di kepala dan leher yang bisa membantu menurunkan tekanan darah hanya dalam beberapa menit saja. Caranya bisa dilakukan dengan menemukan titik pertama di belakang daun telinga serta gambar garis lurus imajiner ke bawah lalu menuju tengah tulang selangka.  Disnilah kamu akan menemukan titik kedua.

Gunakan jari-jari untuk memijat leher secara lembut ke atas dan ke bawah garis di atas lalu ulangi sebanyak 10 kali di kedua sisi bagian leher.

4. Konsumsi air minum

Ilustrasi minum air putih via msn.com

Tekanan darah tinggi bisa saja terjadi karena dehidrasi. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba meminum segelas air murni. Hal ini akan membantumu mengembalikan volume darah dalam tubuh.

Begitu mudah bukan? Bagi Cakap People yang memiliki gejala tekanan darah tinggi, kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk menurunkan tekanan darah hanya dalam beberapa menit saja. Tentu sama sekali tak sulit melakukannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kylie Jenner Resmi Dinobatkan Sebagai Miliarder Termuda di Dunia, Menggeser Posisi Mark Zuckerberg

Burung Beo Pecandu Opium ini Buat ‘Gaduh’ di India