in ,

Coba Bikin Bakso Sapi Buatan Sendiri yuk, Mudah dan Lezat!

CakapCakap – Bakso merupakan salah satu menu favorit yang banyak disukai oleh aneka kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Makanan yang identik dengan bentuk bulat ini memiliki kuah yang bisa menghangatkan Cakap People. Sehingga sangat cocok disantap kala musim hujan seperti saat ini.

Umumnya bahan dasar pembuat bakso terdiri dari beberapa daging, sebab tak selalu pedagang menggunakan daging sapi. Ada yang membuat bakso dari daging ayam hingga dipadukan dengan daging sapi. Nah, jika kamu ingin membuat bakso daging sapi sendiri maka tak ada salahnya loh. Namun tutorial memasak bakso berikut ini menggunakan 100% daging sapi. Bagaimana caranya? Ikuti langkahnya berikut ini!

1. Cara pilih daging sapi

Pilih daging sapi pilihan via Vradiofm.com

Dikarenakan pada kesempatan kali ini bakso yang dibuat berbahan dasar daging sapi 100%, maka kamu harus memilih daging sapi yang tepat. Sebaiknya pilih daging sapi yang terbuat dari bagian paha atas. Di mana yang benar-benar bersih dari otot serta lemak. Kurang lebih siapkan sebanyak 1 kg daging sapi bagian atas serta potong-potong dalam ukuran yang kecil.

2. Bumbu

Bawang goreng via Kreasisasa.com

Apa bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan? Kamu memerlukan bumbu seperti:

  • 1 sendok makan kaldu ayam bubuk
  • Bawang merah goreng 2 sendok makan
  • Bawang putih goreng 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Sedangkan untuk bahan pengenyal kamu memerlukan 250 gram es batu, memarkan atau yang berbentuk cube, serta tepung tapioka sebanyak 100 gram.

3. Langkah membuat

Bakso sapi via Cookpad.com
  1. Mula-mula masukkan bawang putih dan bawang merah goreng ke dalam food processor serta proses sampai benar-benar halus dengan sedikit gumpalan.
  2. Lalu masukkan potongan daging sapi, bahan pengenyal seperti es batu dan tepung tapioka hingga bahan bumbu lain. Gunakan kecepatan sedang guna memproses seluruh bahan tersebut. Pastikan hingga es meleleh serta daging jadi adonan kental yang mudah dibentuk. Apabila tidak memiliki food processor kamu dapat mengaduk memakai tangan sampai adonan kalis.
  3. Setelah itu, siapkan air sesuai kebutuhan dalam panci lalu panaskan sampai hangat. Lalu gunakan tangan dan sendok untuk membentuk adonan daging tersebut menjadi bulat. Masukkan bola-bola bakso yang sudah dibentuk ke dalam air hangat.
  4. Jika semua adonan sudah terbentuk jadi bulat maka rebus bakso sampai mengapung dan matang.
  5. Matikan api, lalu tiriskan bakso dan pindah dalam wadah yang berisi air es. Tunggu hingga dingin dan tiriskan. Maka bakso sapi bisa dihidangkan sesuai keinginan.

Cukup mudah bukan Cakap People? Kamu tak perlu langsung menghabiskan bakso tersebut. Sebab bisa menyimpannya ke dalam plastik untuk dimasukkan ke dalam freezer. Sehingga bakso daging sapi tersebut dapat digunakan sebagai stok untuk beberapa hari kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tanpa Bantuan, Kisah Pemuda Bawa Jenazah Ibu Pakai Sepeda Ini Menyayat Hati

Meski Pahit, 3 Makanan Ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa loh!