in

Cegah Pedofilia, Youtube Hapus Komentar Negatif di Video Anak

CakapCakap – Youtube adalah ajang yang mempertemukan berbagai macam kreativitas dan inovasi. Di platform ini, pengguna bisa menyaksikan jutaan konten yang bebas diakses oleh semua orang, semua umur, dimana saja. Konten Youtube seperti apa  yang jadi favorit Cakap People? 

Namun, Youtube juga bisa menjadi sumber kejahatan. Di dalam video-video yang beredar, bisa saja ada yang memuat konten yang menjadikan seseorang terancam kebebasannya. Pelaku kejahatan juga memanfaatkan Youtube sebagai media pencari data, sumber riset potensi kejahatan, dan bahkan sebagai media penyusunan skenario yang jahat. Salah satunya yang mengerikan adalah pedofilia. Youtube belakangan ini memblokir komentar-komentar berbau negatif yang dilontarkan oleh penonton video berkonten anak-anak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko perilaku pedofil.

Banyak Kasus Pedofilia datang dari Komentar Youtube
http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/content/2018/03/16/846454/z7yBbnwAHk.jpg?w=650

Lebih ekstrim lagi, Youtube secara paksa telah menonaktifkan fitur komentar pada puluhan juga video yang sudah terunggah. Youtube menganggap video-video tersebut bisa mengundang kecenderungan celah pedofilia. Siapa sasarannya? Tentunya adalah anak-anak yang ada dalam video tersebut, atau anak yang ada di sekitar pelaku. Youtube juga berencana untuk menonaktifkan semua kolom komentar pada seluruh video anak dibawah umur.

Contoh konten yang mengundang perilaku pedofilia adalah video yang menampilkan gadis muda yang sedang menari, berlatih senam, berenang, yoga, makan es krim, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh komentar yang dihapus dari kolom komentar video tersebut antara lain “Kamu cantik dan pacar kamu juga baik. Ayo berteman”, atau “Aku akan senang melihat lebih banyak”. Komentar yang sebenarnya terlihat normal dan bisa saja tersebut, ternyata mengandung konten godaan yang jika dibiarkan akan membuat pelaku pedofil bisa melakukan aksi yang lebih dari sekedar berkomentar.

Rawan Pedofilia yang Datang dari Komentar Youtube
https://orbitdigitaldaily.com/wp-content/uploads/2019/03/103895893_gettyimages-1001511126.jpg

Youtube bekerja untuk hal tersebut secara terus menerus dan serius. Aksi nyata yang dilakukan Youtube bisa saja dianggap sebagai keputusan sepihak, yakni dengan menonaktifkan kolom komentar atau juga menghapus komentar seseorang. Tetapi dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh tim Youtube, Youtube yakin bahwa setiap video dan komentar yang dipindainya adalah layak untuk dihapus. Tujuannya hanyalah satu, membuat semua pembagi konten di Youtube bebas berekspresi namun bisa terjamin keamanannya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Peringkat Sedunia, Indonesia ‘Juara’ Gunakan Software Bajakan

Keren! VW Gandeng Microsoft Kembangkan Teknologi Layanan Data di Mobil Masa Depan