in ,

Catat! Mulai 8 Januari, Dua Maskapai Penerbangan Ini Tak Lagi Gratiskan Bagasi Penumpang

CakapCakapCakap People, keberadaan maskapai penerbangan memang sangat penting keberadaannya sebagai transportasi udara. Tentu sangat membantu sekali bagi para penumpang yang memerlukan kecepatan soal waktu perjalanan. Bahkan tariff harga yang diberikan sekarang juga begitu bersaing, hingga bisa dibilang mudah dijangkau kalangan menengah ke bawah sekalipun.

Menariknya, banyak dari maskapai penerbangan yang menerapkan sistem gratis bagasi. Diantara mereka ada Lion Air dan Wings Air. Namun sayang, kedua maskapai yang berada dalam satu naungan ini mengeluarkan kebijakan baru terkait bagasi.

Ilustrasi penerbangan via Pexels

 “Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis atau cuma-cuma (free baggage allowance),” mengutip lansiran Tempo dari keterangan tertulis Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic pada Jumat, 4 Januari 2018.

Mulai Selasa, 8 Januari 2019 mendatang semua penerbangan domestic Wings Air dan Lion Air tidak lagi menerapkan bagasi secara gratis alias cuma-cuma. Itu artinya semua penumpang Lion Air yang sebelumnya digratiskan hingga kapasitas bagasi 20 kilogram kini harus bayar. Demikian juga dengan penumpang Wings Air yang sebelumnya gratis bagasi 10 kilogram kini juga harus membayar.

Maskapai Wings Air via Dream.co.id

Rupanya hal ini benar-benar diberlakukan pada tanggal tersebut. Sehingga buat calon penumpang yang membeli tiket pesawat untuk 8 Januari namun sudah booking jauh hari, maka tetap mengikuti aturan sebelumnya yang masih gratis bagasi.

“Namun, apabila penumpang yang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kilogram untuk Lion Air dan 10 kilogram untuk Wings Air,” papar Danang, dikutip dari CNNindonesia.

Lebih rinci, pihak Lion Air dan Wings Air memberikan keterangan maksimal berat dan dimensi bagasi kabin. Penumpang diperbolehkan membawa satu bagasi dengan maksimal berat 7 kilogram dan berdimensi (40x30x20) cm. selain itu juga boleh membawa satu barang pribadi seperti perlengkapan bayi, bahan bacaan dan binocular, tas jinjing wanita, atau tas laptop.

Maskapai Lion Air via Cnnindonesia.com

Sehingga bila barang bawaan dan bagasi perorangan lebih dari 7 kilogram akan dikenakan biaya untuk kelebihan tersebut sesuai tarif yang berlaku. Meski ada kebijakan tersebut, pihak Lion Air Group tetap berikan tawaran menarik dengan menjual voucher bagasi (pre paid baggage) yang bisa dibeli dengan harga terjangkau saat pembelian tiket atau maksimal 6 jam pasca pembelian tiket.

Nah, Cakap People yang biasa menggunakan maskapai ini buat bepergian, maka persiapkan diri ya. Tentu kebijakan ini dilakukan dengan beragam pertimbangan dari pihak perusahaan. Tapi, ada satu maskapai di bawah naungan Lion Air Goup yang masih menggratiskan bagasi kabin lho, yakni Batik Air.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Beruntung Jadi Anak Tengah, 6 Kelebihannya Ini Jarang Disadari!

Ada Manusia Salju di Luar Angkasa? Begini Penampakannya