in ,

Cara Mudah Rawat Aki Agar Tahan Lama

CakapCakap – Aki merupakan salah satu komponen yang terbilang vital bagi sebuah kendaraan. Sebab salah satu fungsi aksi ialah sebagai penyedia arus listrik, backup alternator hingga berfungsi guna membuat tegangan stabil. Apabila aki tidak Cakap People rawat dengan baik maka tentu saja bisa berdampak pada kinerja kendaraan.

Oleh karena itu lakukan perawatan aki dengan benar. Selain itu juga ada beberapa hal yang harus kamu jadikan pantangan. Seperti jangan menyalakan api di dekat komponen aki. Sebab di dalam aki tersedia kandungan hydrogen sehingga bisa membuatnya mudah meledak. Lantas, bagaimana cara merawat aki agar panjang umur? Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini!

1. Rutin mengecek aki

Cara merawat aki dengan benar via Otomart.id

Pengecekan aki yang rutin bisa menghindarkannya dari kebocoran. Apabila kebocoran terdeteksi sejak dini maka bisa membuat kamu mengatasinya dengan segera sebelum terlambat. Sebab jika kebocoran tak kunjung diatasi maka air korosif dapat membuat bodi hingga komponen lain rusak. Saat terjadi kebocoran di badan aki maka kamu harus segera menggantinya. Namun jika yang bocor hanya tutupnya saja maka bisa diatasi dengan mengencangkan atau ganti tutup aki dengan yang baru.

2. Matikan sistem listrik

Matikan AC sebelum mobil dipanaskan via Mobilmo.com

Saat kamu sedang memanaskan mobil, maka sebaiknya hindari untuk menyalakan AC maupun alat elektronik. Sebab aki benar-benar belum terisi dengan listrik sepenuhnya. Biarkan mobil panas dari 5 hingga 10 menit supaya aki sudah benar-benar siap guna menyuplai sistem listrik. Jika kegiatan berkendara sudah usai, maka jangan lupa untuk mematikan segala komponen listrik sebelum mesin mati. Hal ini bertujuan supaya listrik aki tidak berkurang.

3. Jaga kebersihan

Rutin cek komponen aki via Toyota.astra.co.id

Perlu kamu ketahui jika ketika aki kotor maka arus listrik tak akan mengalir dengan sempurna. Alhasil asupan listrik bisa berkurang. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka bisa membuat terminal rusak hingga menjangkau ke komponen elektronik. Apabila kamu melihat ada kerak warna hijau serta terdapat kotoran di bagian terminal aki maka segeralah untuk membersihkannya. Caranya mudah, yakni dengan menggunakan air panas secukupnya lantas sikat hingga bersih. Jika usai dibersihkan maka kencangkan bagian baut klem aki.

4. Jangan lupa periksa cairan aki

Isi cairan aki via Youtube.com

Mobil memiliki beberapa komponen yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Salah satunya ialah aki. Maka dari itu senantiasa kontrol cairan aki. Hindari untuk membiarkan cairan aki terlalu lama dalam batas minimal atau low level. Untuk mengisi cairannya pun juga tak boleh melebihi batas yang ditentukan. Sebab ketika aki dalam kondisi panas maka ia bisa menyembur keluar bersama dengan uap yang bersifat korosit. Saat kamu hendak menambahkan cairan aki maka dianjurkan untuk memakai jenis air murni, bukan yang air aki zuur.

Bagaimana Cakap People, cukup mudah bukan? Kamu bisa melakukan beberapa upaya di atas supaya aki memiliki masa pakai yang panjang. Sebab segala sesuatu yang tidak dirawat pasti bisa berakibat pada kerusakan. Oleh karena itu jangan segan mengecek dan merawat aki dengan rutin. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Harus Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri!

Terungkap, Ternyata Ini Alasan Pelembab SPF Tak Boleh Dipakai Malam Hari!