in ,

Cantumkan Nama Tengah Kamu Saat Reservasi Tiket Pesawat Jika Tak Ingin Gagal Terbang!

CakapCakapCakap People! Ketika kamu akan melakukan perjalanan atau akan berlibur, tentu saja segala kebutuhan penting telah dipersiapkan termasuk tiket dan paspor.

Tetapi, bagaimana jika saat kita melakukan check-in tiket pesawat, ternyata kita malah diminta untuk melakukan pembelian tiket baru, hanya karena nama yang tertera pada tiket tak sesuai dengan nama yang ada di paspor kita? Pernahkah mengalami hal ini?

Ilustrasi : Paspor dan Boarding Pass. (Escape)

Seharusnya ini adalah perjalanan yang mudah dan menyenangkan untuk dilalui dari Roma ke Mykonos pada hari libur di Eropa. Tapi sesuatu yang mengejutkan dan kurang menyenangkan justru terjadi saat akan melakukan check-in pesawat.

Dari laman Escape, hal itu bermula saat staf maskapai melihat bahwa nama pada resevasi tiket tidak mencantumkan nama tengah. Lalu, mereka menginformasikan kepada teman saya yang sudah sering terbang ini bahwa dia harus membayar € 50 untuk meng-issued kembali tiket agar nama yang tertera pada tiket sama persis atau sesuai dengan paspornya.

Peristiwa itu sungguh mengejutkan dan membuatnya kesal. Padahal, ketika melakukan reservasi, website hanya meminta nama depan dan belakang. Apalagi untuk penerbangan tersebut harus mengeluarkan biaya € 100. Ketika penumpang menyadari pelayanan tersebut tidak memuaskan, maka dihadapkan pada pilihan membayar atau beralih ke penerbangan lain. 

Selain itu juga, ada sekitar 20 penumpang lain yang terpaksa mengeluarkan uang ekstra saat mengalami peristiwa serupa.

Kejadian Yang Lebih Buruk

Di Kanada, pernah kejadian, seorang wanita ditolak naik untuk penerbangan WOW Airlines ke Islandia karena tidak mencantumkan nama tengahnya di dalam tiket. 

Saat itu, ia sudah melakukan check-in dan mengambil label bagasi, tapi sebelum dia memasuki pesawat, ia diberitahu bahwa tidak diizinkan untuk terbang. Pihak maskapai tidak menerbitkan kembali tiketnya karena penerbangan sudah kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan.

Papan Pengumuman Jadwal Keberangkatan di Sebuah Airport. (Unsplash)

Selain itu, dilaporkan juga ada 11 orang yang ketinggalan pesawat dengan alasan yang sama sehari sebelumnya. Akhirnya, mereka melakukan pembelian tiket baru yang harganya lebih mahal dari biaya refund yang diterima.

Hal penting yang perlu diingat dari pengalaman atau peristiwa itu adalah bahwa ada prosedur administrasi kelengkapan dokumen yang berbeda saat melakukan penerbangan domestik dan internasional. Jika melakukan penerbangan domestik, tak ada masalah saat resevasi tiket, tidak mencantumkan nama tengah. Tapi ketika melakukan penerbangan internasional, sebaiknya lebih berhati-hati untuk tidak melakukan kesalahan tersebut.

Cakap People! Menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), tidak ada aturan nama tengah seperti itu, tetapi panduan mereka adalah nama yang tercatat pada pemesanan dan tiket harus sesuai dengan nama dalam dokumen perjalanan resmi kamu.

Jadi, betapapun memalukannya nama tengah kamu, jika itu adalah nama lengkapmu yang tertera di paspor, maka lengkapilah namamu pada saat melakukan reservasi tiket.

(Chris Brignola/Unsplash)

Kemudahan dan biaya untuk mengubah nama kamu saat reservasi adalah bervariasi dari satu maskapai penerbangan ke maskapai lain. Nah, agar aman dan tak mengulang kejadian seperti diatas, kamu bisa mengajukan untuk penambahan atau perubahan nama lengkapmu yang benar kepada maskapai penerbangan di mana kamu menjadi member (anggota).

Caranya? 

Untuk Qantas Airlines, prosesnya cukup hanya dengan mengirim salinan paspor via email : [email protected] dengan mencantumkan nomor keanggotaan (member) dan catatan untuk menjelaskan bahwa kamu ingin memperbaharui nama lengkapmu. Sementara itu, untuk Virgin Australia, kamu cukup melakukannya melalui panggilan telepon.

Seorang Pria Sedang Duduk di Kursi Pesawat. (Bambi Corro/Unsplash)

Cakap People! Sekali lagi, untuk penerbangan internasional, nama pada paspor harus sama dengan nama pada boarding ticket ya. Kegagalan dalam menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan akan menghalangi untuk boarding pada penerbangan kamu. Enjoy your trip!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Tidur Hanya 4 Jam Sehari Ternyata Bisa Bikin Mudah Emosi

Bercerai dari Bos Amazon, Wanita Ini Malah Jadi Terkaya di Dunia!