in ,

Camilan Asli Makassar Ini Buat Kamu Susah Move On!

CakapCakap – Jika Cakap People diberikan pertanyaan mengenai menu ala Makassar yang paling membekas di lidah, apa jawabannya? Pasti cukup beragam! Mengingat Makassar memiliki kekayaan kuliner yang sudah tak diragukan lagi rasanya. Terlebih menu berupa Coto Makassar. Rasanya berkunjung ke sana tak akan lengkap jika tak meniliki menu tersebut.

Tetapi, selain jenis makanan berat terdapat pula makanan ringan bernuansa camilan asli Makassar. Kamu dapat menikmati camilan tersebut sembari menyeduh teh atau kopi. Rasanya pun akan kian nikmat jika disantap dengan anggota keluarga. Berikut daftar camilan dengan sensasi rasa yang bikin kamu susah move on.

1. Biji Nangka

Kue Biji Nangka via Mamanginga.blogspot.com

Meskipun memiliki nama Biji Nangka, namun jajanan ini tak terbuat dari buah nangka. Melainkan, nama tersebut disematkan lantaran bentuknya hampir serupa dengan biji nangka. Kue dengan cita rasa manis ini biasa hadir di gelar pernikahannya orang-orang Bugis. Berbekal dari bahan baku berupa kentang, maka rasa yang timbul ada unsur gurih-gurihnya pula lho!

2. Barongko

Kelezatan kue Barongko yang sulit dilupakan via Sajiansedap.grid.id

Ingin mencoba jajanan yang satu ini? Tampaknya kamu akan kesulitan mencarinya. Sebab kue Barongko ini tak mudah ditemukan. Biasanya hanya akan ada di acara-acara tertentu, seperti sunatan, pernikahan hingga selamatan. Tetapi jika kamu beruntung, maka kamu dapat berjumpa dengan penjual yang menjajakan jajanan dari paduan gula, garam, santan dan telur ini.

3. Cucuru Bayao

Bentuknya mini tetapi rasanya nagih via Goodindonesianfood.com

Kesan pertama yang mungkin muncul di benak kamu saat menjumpai penampakan kue ini adalah lucu dan mungil. Tetapi jangan disepelekan. Sebab rasa kue mini ini dapat membuat kamu ketagihan. Jajanan berikut biasanya wajib ada dalam acara pernikahan masyarakat Bugis.

4. Songkolo Bagadang

Jajanan tradisional ala Makassar via Pacarkecilku.com

Jajanan yang satu ini dapat kamu cicipi saat malam hari. Bahan baku yang digunakan berasal dari beras ketan. Nantinya beras ketan yang sudah matang akan dibungkus, lalu ada yang memberikan taburan berupa ikan teri atau ikan asin, kelapa manis bahkan sambal tumis. Kamu akan menyesal jika tak mencicipi jajanan berikut ini.

5. Gogoso

Camilan dari ketan via Dailynewsid.com

Jika di Jawa namanya adalah lemper. Namun, tetap ada perbedaan antara Gogoso dengan lemper khas Jawa. Terletak pada cara memasaknya, yang tak dikukus melainkan dibakar menggunakan arang. Pembungkus yang digunakan pun juga sama, yakni dari daun pisang. Jika kamu ingin mencicipi jajanan ala orang Bugis Makassar berikut maka dapat singgah di sekitar Pantai Losari atau di pinggiran kota.

Apa kamu pernah mencicipi 5 varian jajanan di atas Cakap People? Kira-kira, manakah yang paling sulit membuat kamu move on? Pasca berburu jenis makanan berat ala Makassar, kamu dapat berburu pula camilan khasnya Makassar. Termasuk 5 jajanan yang disebutkan di atas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Merasa Hancur Pasca Gagal Naik Jabatan? Ini yang Harus Dilakukan

Viral! Kini Pak Eko Dijadikan Game Smartphone