in

Bukannya Awet, 6 Makanan Ini Malah Bisa ‘Rusak’ Jika Disimpan dalam Kulkas! Apa Saja?

CakapCakap – Mayoritas orang menganggap jika kulkas merupakan tempat teraman untuk menyimpan makanan. Bahkan, berkat hawa sejuk nan dingin di dalamnya maka bahan makanan bisa jadi lebih awet. Sehingga banyak orang yang menampung aneka bahan makanan di dalam kulkas. Padahal, tak semua makanan dapat disimpan di lemari es Cakap People.

Bukannya awet, makanan-makanan tersebut malah dapat rusak. Mungkin jika disimpan dalam 1 atau 2 jam saja tak ada masalah. Namun, jika disimpan selama berhari-hari maka bisa membuat kandungan nutrisi, tekstur hingga warnanya berubah. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Apel

Cara simpan apel yang tepat via Lifestyle.okezone.com

Biasanya orang paling banyak menyimpan buah di dalam kulkas. Hal tersebut bertujuan agar si buah senantiasa segar dan tahan lama. Namun, apel bukan termasuk buah yang cocok disimpan dalam lemari pendingin. Sebab, dapat merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, teksturnya juga akan kering dan tak renyah saat dikonsumsi. Apabila harus disimpan dalam kulkas, sebaiknya jangan menyimpannya terlalu lama.

2. Roti

Roti bisa tumbuh jamur jika disimpan terlalu lama via Food.detik.com

Ternyata roti tak cocok apabila harus disimpan dalam kulkas. Sebab, dapat memicu menu makanan ini untuk tumbuh jamur. Jika kamu menyimpan roti dalam kulkas, maka teksturnya pun akan berubah. Rasa kenyal pada roti hilang dan rasanya jadi lebih kering.

3. Kentang

Tekstur kentang bisa berubah jika disimpan di kulkas via Lifestyle.kompas.com

Menyimpan kentang dalam kulkas dalam kurun waktu lama bisa membuatnya mudah busuk. Hal ini akibat adanya hawa dingin dalam kulkas dapat memecah pati yang terkandung pada kentang. Ada baiknya simpan kentang di tempat terbuka dengan suhu ruang yang normal.

4. Kopi

Rasa biji kopi bisa berubah via Pekat-memikat.blogspot.com

Kamu disarankan untuk tidak menyimpan kopi di dalam kulkas. Sebab, dapat mengubah rasa dan teksturnya. Apalagi jika waktu penyimpanan terbilang lama. Oleh karena itu, simpan kopi di dalam suhu ruang saja.

5. Tomat

Hindari simpan tomat di lemari pendingin via Doktersehat.com

Tahu bagaimana cara simpan tomat yang tepat? Sayuran yang sering disimpan dalam kulkas ini dapat berubah tekstur dan warnanya jika ditaruh kulkas. Jadi, lebih baik simpan tomat di wadah terbuka serta letakkan di dekat jendela agar suhu dan kelembaban tomat terjaga.

6. Bawang putih dan merah

Simpan bawang di ruang terbuka via Resepkoki.id

Umumnya bawang disimpan dalam kulkas agar kesegarannya bertahan lama. Hal tersebut boleh saja dilakukan. Namun, kamu harus menyimpan jenis bawang ini di bagian laci khusus sayur. Bungkus pula bawang menggunakan plastik yang kedap udara agar bentuknya tak berubah. Jika tak ingin menyimpan dalam kulkas maka letakkan bawang di ruang terbuka.

Sudah mengerti Cakap People apa saja jenis bahan makanan yang sebaiknya tak disimpan dalam kulkas? Selain bisa mengubah tekstur, cara tersebut juga dapat memengaruhi rasa dari bahan-bahan makanan di atas. Oleh karena itu, simpan saja beberapa jenis makanan tersebut di ruang terbuka dengan suhu ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Trik Make Up Sederhana Bagi Kamu Pemilik Wajah Berjerawat!

Ingin Lindungi Bodi Mobil Agar Awet? 3 Jenis Cat Mobil Ini Kuncinya!