in ,

Bukan Budaya Jepang, Ternyata Ini 5 Alasan Tak Ada Tip di Negeri Sakura

CakapCakap – Memberi tip kepada pelayan restoran menjadi hal yang lumrah dilakukan terutama di beberapa negara tertentu. Namun di Jepang, Cakap People tidak akan menemui hal semacam itu. Kamu cukup membayar tagihan sesuai dengan jumlah pembayaran yang ditagihkan.

Ada beberapa alasan yang harus kamu tahu mengenai tip ini di negeri matahari terbit, tentunya biar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Nah, berikut ini adalah alasan kenapa restoran Jepang tidak menerima tip dari pelanggan.

1. Dapat jatah makan

Pegawai restoran biasanya akan dapat jatah makan dari resto via Mediakonsumen.com

Salah satu alasan menggaji pegawai adalah agar mereka mendapatkan uang untuk membeli makanan. Dan ketika bekerja di restoran Jepang, pegawai akan mendapatkan jatah untuk makan setidaknya 1 kali dalam sehari.

Makanan untuk pegawai biasanya di sediakan di restoran secara gratis. Meski bukan jenis menu yang mahal namun makanan yang dibuat tetaplah dari bahan yang berkualitas.

2. Istirahat lama di sore hari

Ada jam istirahat bagi pelayan restoran Jepang via Sukajepang.com

Alasan lain kenapa tidak memberlakukan tip kepada pelayan restoran Jepang adalah karena hampir tidak ada pelanggan yang datang antara jam 2 siang hingga jam 6 sore. Dalam hal ini, pegawai mendapatkan gaji hanya untuk berdiri mengawasi tanpa harus melayani pelanggan.

3. Memiliki uang tip dalam bentuk lain

Akan selalu ada menu pembuka di resto Jepang via Restaurant-guide.tokyo

Di negara Jepang, kamu tidak perlu membayar lebih dari tagihan yang harus kamu bayar. Meski demikian, bukan berarti tagihan yang kamu dapatkan akan sama dengan jumlah makanan yang kamu konsumsi.

Beberapa restoran di Jepang, memberikan makanan pembuka yang secara otomatis akan kamu dapatkan ketika kamu duduk. Entah menginginkannya atau tidak, kamu tetap harus membayar makanan tersebut.

4. Tip bukan budaya Jepang

Ilustrasi tip via Superadventure.co.id

Alasan lain kenapa di Jepang tidak memberlakukan tip adalah pemberian tip sendiri bukanlah budaya Jepang. Pegawai di resoran Jepang umumnya telah mendapatkan gaji yang cukup tinggi sehingga tidak perlu lagi diberi uang tip.

5. Pelayanan tidak tergantung pada tip

Pelayanan di resto Jepang tidak bergantung pada tip via Fun-japan.jp

Tanpa harus mengandalkan tip, restoran Jepang telah memiliki standar dalam memberi pelayanan terbaik bagi para pengunjungnya. Pemberian tip hanya akan dianggap aneh atau bahkan tidak sopan.

5 hal di atas merupakan beberapa alasan kenapa memberi tip kepada pegawai restoran Jepang tidaklah umum untuk dilakukan. Jadi buat Cakap People yang mungkin saja sedang berada di negeri sakura ini, maka sebaiknya memperhatikannya. Sehingga tak menimbulkan salah paham atau tersinggung warga Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bersikap Kekanakan, 5 Zodiak Ini Kena Cap Childish!

Tahukah Kamu? Ada 5 Fitur Rahasia Gmail yang Jarang Difungsikan