in ,

Bubur Jagung Barobbo, Salah Satu Kuliner Primadona Asal Makassar

Makassar merupakan wilayah yang memiliki aneka ragam kuliner khas dengan rasa lezat. Bahkan berkunjung ke Makassar rasanya tak akan lengkap jika tak mencicipi ragam kulinernya. Nah, pernahkah kamu mendengar menu Barobbo? Pasti kamu cukup penasaran mendengar nama tersebut.

Barobbo merupakan jenis kuliner tradisional asal Makassar. Kuliner tersebut mempunyai bahan dasar berupa jagung. Sehingga kerap disapa dengan nama bubur jagung. Sekilas hidangan tersebut hampir mirip dengan bubur Manado yang berasal dari Sulawesi Utara serta Binte Biluhuta dari Gorontalo. Bubur Barobbo merupakan salah satu kuliner yang jadi primadona di Makassar.

Barobbo via rasasayange.co.id

Selain menu Coto Makassar, Konro dan beberapa hidangan khas Makassar lain, Barobbo juga masuk dalam menu yang bisa kamu cicipi. Jika dulunya Barobbo hanya bisa diperoleh ketika berkunjung ke Makassar, maka kini tidak lagi.

Kamu bisa merasakan nikmatnya bubur jagung khas Makassar itu dengan datang ke luar kota Makassar, misalnya saja ke Palu. Barobbo memang termasuk dalam jenis kuliner yang baru. Sehingga masih minim orang yang menjualnya. Walau demikian Barobbo memiliki cita rasa yang sangat menguggah selera.

Barobbo sangat nikmat jika digunakan sebagai menu sarapan. Rasa Barobbo yang dijual di kota Palu pun memiliki rasa yang hampir serupa dengan yang dijual di daerah asalnya, Makassar. Hal tersebut didasari karena para pedagang yang berjualan di Palu asalnya dari Makassar. Sehingga cita rasanya tak jauh berbeda.

Menu Barobbo khas Sulawesi Selatan via linisehat.com

Lantas, bagaimana cara membuat bubur jagung khas Makassar tersebut? Di dalam menu Barobbo terdapat beberapa bahan. Mulai dari jagung manis, ceker ayam maupun daging, serta udang (lebih disarankan menggunakan ceker ayam) dan beberapa jenis sayuran yang disarankan sawi.

Ada pula beberapa bumbu di dalamnya. Terdiri dari bawang merah dan putih, cabai rawit dan cabai keriting, merica, garam, minyak kelapa serta fitsin. Kamu bisa membuat Barobbo sendiri di rumah jika tak bisa singgah ke Makassar ataupun Palu.

Resep Barobbo via beritagar.id

Caranya cukup mudah, apabila bahan-bahan tersebut sudah siap maka proses memasak pun bisa dilakukan. Pertama dengan membersihkan jagung sebelum dimasak. Kemudian masak dan tunggu hingga matang, setelah matang tiriskan sampai airnya kering. Disusul dengan memasak ceker sampai matang. Lalu jagung dipadukan bersama ceker ayam dalam satu wadah berupa panci dengan diisi air secukupnya.

Masak keduanya dengan irisan bawang putih dan bawang merah. Jika sudah mendidih masukkan garam, merica, sawi dan minyak kelapa. Tunggu sampai 15-20 menit. Kemudian sajikan Barobbo ke dalam mangkuk. Agar Barobbo terasa semakin spesial, kamu dapat membubuhkan beberapa bahan tambahan. Seperti daun bawang, kecap, jeruk nipis dan sambal ulek. Masukkan bahan-bahan tambahan tersebut ke mangkuk Barobbo milikmu.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pantulan Pesona Biru Laut di Pantai Nambo Kendari

Kue Pengantin Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran