in ,

Buah-buahan Ini Siap Mendongkrak Kadar Zat Besi Kamu

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk kelangsungan fungsi vital dalam tubuh kita. Selama ini kamu mungkin hanya mengetahui kalau zat besi hanya bisa dipenuhi oleh daging merah, seafood, atau sayuran berwarna hijau. Sangat jarang kamu mendengar kalau buah bisa memenuhi kebutuhan yang sama.

Bagaimanapun juga, tubuh kita membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin; protein dalam sel darah merah yang berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh kita. Zat besi juga berguna untuk menyokong metabolisme dan dibutuhkan untuk berlangsungnya fungsi normal seluler, pertumbuhan dan perkembangan serta sintesis jaringan ikat dan hormon-hormon tertentu.

Melirik dari tingginya fungsi zat besi, tentu akan lebih baik kalau kamu bisa memenuhi kebutuhan harian zat besi kamu, gaes. Buat kamu yang sedang diet, tentu daging merah dan seafood bukan pilihan utama. Terlebih buat kamu yang vegetarian. Kamu penasaran dengan buah-buahan yang pas untuk mendongkrak zat besi? Catat nama buah-buah berikut, ya.

Kelapa

Kelapa via https://sunwarrior.com/uploads/health_hub/article-photos/healthHub-mainarticle-760×375-health-benefits-coconut-min.jpg

Beruntung banget, gaes, kelapa bukan buah yang mahal di negara kita. Mudah didapat pula. Mungkin belum kamu sadari, gaes, kalau daging buah kelapa yang dibuat jus memiliki 1,94 mg zat besi, lho! Jus kelapa mungkin menu yang asing buat kamu, tapi kamu bisa juga mengkonsumsinya dalam bentuk es kelapa muda. Mungkin ini sebabnya selalu ada perasaan dan sensasi segar setelah menenggak es kelapa muda. Ternyata ada banyak zat besi dalam buah ini.

Kurma

Kurma via https://i.ndtvimg.com/i/2015-03/dates_625x350_81427802819.jpg

Buah yang banyak ditemui di Timur Tengah ini sanggup memenuhi kebutuhan zat besi harian kamu, gaes. Satu butir kurma mengandung 0,22 mg zat besi, lho. Kalau kamu mengkonsumsi 5 butir saja, kamu bakal mendapat 1,1 mg zat besi. Mudah, bukan? Buah ini enak banget dikonsumsinya dan bisa dijadikan snack. Bentuknya yang mungil membuatnya bisa dibawa kemanapun kamu pergi. So, pastikan kurma menjadi snack favorit kamu, ya. Ada banyak yang bisa kamu kombinasikan bersama kurma, mulai dari biskuit, cake atau aneka pencuci mulut.

Tomat

Tomat via https://www.rodalesorganiclife.com/sites/rodalesorganiclife.com/files/cherrytomatoes_5ph.jpg

Luput dari perhatian kamu, buah yang sering dipadukan dengan cabe untuk membuat sambal ini ternyata kaya kandungan zat besi, gaes. Satu butir tomat yang matang mengandung 1,63 mg zat besi. So, kenapa kamu tak mencoba saja membuat pasta tomat? Selain lezat, kebutuhan zat gizi tubuh kamu bakalan terpenuhi. Atau, kamu juga bisa membuat pelecing kangkung yang segar itu.

Buah labu

Labu via http://www.saamana.com/wp-content/uploads/2017/10/pumpkin-2-696×447.jpg

Sekilas tidak ada yang istimewa dari buah ini. Tapi, ternyata labu kaya serat dan nutrisi, bro. Satu cup buah labu yang matang mengandung 1,4 mg zat besi, lho. So, biasakan mengkonsumsi kolak labi atau mencampurkan labu ke dalam kuah sayuran kamu, ya. Atau, kamu bisa mengolahnya menjadi pie labu. Asyik, bukan?

Semangka

Semangka via https://static.seattletimes.com/wp-content/uploads/2017/07/7b4c85c2-6687-11e7-8665-356bf84600f6-780×520.jpg

Siapa yang bisa menolak sebutir semangka di siang hari yang terik? Beruntungnya kita sebagai bangsa Indonesia, buah ini dapat dengan mudah ditemui. Siapa sangka, semangka yang tampak remeh ini ternyata punya banyak zat besi di dalamnya. Satu sisir semangka bisa memberi kamu 0,69 mg zat besi, lho. Yang rajin memakan semangka, ya, gaes.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keempat Wanita Brilian Ini Membidani Kelahiran Inovasi Hi-Tech

Medsos dan Notifikasi Merusak Konsentrasimu? Begini Trik Mengatasinya