in

Bocoran Resmi! Petinggi Sony Ungkap Detail PlayStation 5, Seperti Apakah?

CakapCakap – Cakap People para pecinta game tentu sudah sangat akrab dengan perangkat game PlayStation, atau yang bisa disingkat dengan PS. Bahkan, bagi yang lahir di era 1990-an tentu sangat sering memainkan perangkat game keluaran Sony ini di rumah, sebelum era game online merajalela seiring dengan semakin banyaknya gadget yang bisa terhubung dengan internet. Meskipun sekarang game online sudah lebih banyak dipilih, sepertinya Sony masih belum berhenti mengembangkan PS.

Sony disebut sedang mengembangkan generasi penerus konsol game yang digadang-gadang sebagai PS5. Via faktualnews.co

Nah, kabar terbaru menyebut bahwa saat ini Sony tengah mengembangkan generasi penerus yang digadang-gadang sebagai PS5. Baru-baru ini, seorang petinggi dari perusahaan asal Jepang tersebut yang bekerja di divisi terkait mengungkap detail dari PS5, seperti dilaporkan oleh laman Detik.com. Orang tersebut, Lead Architect PS4, Mark Cerny menyebut konsol baru ini tak hanya sekadar PS4 dengan spesifikasi di-upgrade seperti PS4 Pro. PS5 akan memiliki hardware yang benar-benar baru.

PS5 akan menggunakan CPU 8-core berbasis AMD Ryzen generasi ke-3 yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2. Untuk GPU, PS5 dibekali dengan GPU custom berdasarkan AMD Radeon Navi, sehingga memungkinkannya memiliki fitur grafis ray-tracing, dan jadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini. Salah satu perubahan besar adalah penggunaan solid state drive (SSD) untuk menggantikan hard drive, sehingga menjanjikan waktu loading dan gameplay yang lebih responsif.

PS5 disebut akan memiliki hardware yang benar-benar baru dan jauh lebih canggih. Via teknosee.com

Dengan spesifikasi yang semakin tinggi itu, PS5 mendukung grafis hingga 8K. Tapi tentu tergantung dengan kemampuan TV yang digunakan. Selain itu, Sony juga ingin mengoptimalkan pengalaman audio dengan menyiapkan PS5 mendukung 3D audio. Dalam memainkan game dari PS4, transisinya pun akan lebih mulus. Namun, Cerny tidak mengungkapkan game apa yang akan diluncurkan untuk PS5 dan fitur media apa saja yang tersedia. Selain itu, PS5 juga tidak akan meluncur pada tahun ini.

Selain itu, juga tidak ada bocoran dari Cerny soal gambaran harga PS5, seperti dimuat dalam laman Suara.com. Namun, dia mengatakan bahwa development kit sudah dibagikan ke beberapa studio game untuk melakukan pengujian. Meskipun masih dalam tahap ‘low-speed’ dan belum final, tapi demonstrasi yang dilakukan pada game Marvel berjudul Spider-Man memiliki loading yang lebih cepat. Cakap People pasti semakin penasaran nih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Diam-Diam, Ternyata Kini Grab Juga Punya Bisnis Asuransi Lho!

Wow! Apple dan Google Hapus Aplikasi Tik Tok di India, Kenapa?