in

Bikin Penasaran! Ini Dia Ruang Terhening Buatan Microsoft

CakapCakap – Beberapa orang gemar menghindari keramaian dan lebih memilih menyendiri di keheningan. Orang yang menyukai keheningan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya mereka bisa merasa nyaman saat berada di tempat yang demikian lho, Cakap People?

Jika kamu merupakan salah seorang yang menghindari keramaian maka bisa jadi kamu akan menyukai ruangan yang satu ini. Ruangan unik ini dibuat oleh Microsoft yang juga dikenal sebagai perusahaan dengan ragam gadget-nya yang canggih. Ruang yang dimaksud adalah Anechoic yang dibuat dengan ukuran seluas 6,36 meter persegi dan telah tercatat sebagai ruangan terhening di dunia oleh Guinness Book Record.

Penampakan Anechoic via abadikini.com

Pembangunan ruangan terhening di bumi ini diketahui menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan mencapai kurang lebih Rp 21 miliar. Adapun tujuan dibangunnya ruangan Anechoic adalah untuk menyetel headphone sampai membuat suara klik dari mouse terdengar sempurna.

Ruangan Anechoic terdiri dari enam lapisan beton dengan tebal 12 inci pada tiap lapisnya. Ruang ini mampu menghalangi berbagai macam suara yang berasal dari dunia luar. Mulai dari dinding, lantai dan langit-langitnya dilapisi dengan busa dari fiberglass untuk menghilangkan adanya gema.

Bukan hanya itu, ruangan Anechoic pada bagian dalam lantainya juga terpasang kabel baja yang sama dengan kabel baja yang digunakan dalam menghentikan jet tempur ketika melakukan pendaratan. Kabel tersebut diatur dalam bentuk jaring di atas irisan busa.

Ruang tersunyi ciptaan Microsoft via tribunnews.com

Kepala insinyur dari Microsoft, Hundraj Gopal yang juga merupakan pemimpin tim pendiri ruang Anechoic mengatakan jika ruangan ini memblokir suara hingga frekuensi 120 desibel. Ini berarti jika ada pesawat jet yang tengah lepas landas dari balik ruangan Anechoic sekalipun, maka orang di dalam ruangan tidak akan bisa mendengarnnya.

Dengan keheningan yang luar biasa tersebut, mereka yang masuk ke dalam hanya mampu bertahan kurang dari 45 menit. Mereka merasa tidak nyaman akibat terganggu dari bunyi nafas mereka sendiri, bunyi perut yang memekakkan telinga hingga bunyi dering di telinga.

Nah tertarik tidak? Bagi Cakap People yang gemar dengan keheningan mungkin bisa mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

9 Penampakan SIM dari Negara Berbeda Ini Unik, Yuk Simak!

Jangan Salah, Kini Smartphone Redmi Sudah Jadi Brand Sendiri Lho!