in

Bikin Ngiler! Inilah Makanan Khas Jawa yang Bakalan Bikin Nagih!

CakapCakap – Siapa yang bisa membantah pesona dari wisata kuliner khas Jawa? Pulau Jawa memang terkenal sebagai salah satunya ‘surga’ kuliner lezat dengan citarasa menakjubkan. Cakap People, enggak percaya?  Coba simak makanan khas  Jawa terbaik berikut ini yang pasti bikin kamu ngiler!

Tahu Gimbal

Tahu gimbal via Tripadvisor
https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0d/29/cd/21/tahu-gimbal-lengkap-dengan.jpg

Tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat. Kalau kamu cobain, kayaknya satu piring enggak akan cukup, Cakap People!

Lumpia Semarang

Lumpia semarang via Indonesia Kreatif
http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/iknews/wp-content/uploads/2014/12/4fe93c64560df0ee9116c723824c87e61419595776_.jpg

Siapa sih yang enggak kenal makanan khas kota Semarang yang satu ini. Kudapan yang berisikan ayam, telur, rebung, udang hingga sayuran ini adalah salah satu makanan yang enggak akan bisa kamu tolak jika berkunjung ke kota Semarang. Rasanya yang khas dan sangat gurih membuat semua pengunjung nagih pengen lagi. Apalagi kalau dimakan saat masih hangat ditambah dengan sambal cabai yang mantap. Duh, wuenak tenan!

Rawon

Rawon via Unilever Solutions
https://sifu.unileversolutions.com/image/id-ID/recipe-topvisual/2/1260-709/nasi-rawon-50400044.jpg

Kalau lagi jalan-jalan ke Surabaya, jangan lupa untuk cobain kuliner satu ini, ya. Kuliner dengan kuah berwarna coklat kehitam-hitaman yang didapatkan dari resep rahasia bernama kluwek khas Pasuruan, Jawa Timur. Biar makin nikmat, kamu bisa menyantap rawon bersama kerupuk, nasi plus bawang goreng. Tapi buat kamu yang punya masalah dengan darah tinggi dan kolesterol sebaiknya hindari makanan ini, ya.

Rujak Cingur

Rujak Cingur via BP Blogspot
https://4.bp.blogspot.com/-vw06s6Xc-oE/VtmVebcGH6I/AAAAAAAAAms/I5w79C_8dao/s1600/rujak%2Bcingur.jpg

Rujak Cingur merupakan makanan khas Kota Surabaya. Cingur diartikan sebagai hidung dan bibir atas pada kerbau atau sapi. Cingur merupakan irisan mulut kerbau atau sapi yang direbus dan dicampur dengan rujak khas Surabaya.

Dalam penyajiannya, Rujak cingur bisa dihidangkan biasa maupun matengan. Dalam penyajiannya yang biasa maksudnya sayuran yang di sajikan masih mentah, sedangkan matengan artinya sayuran yang dibuat rujak cingur sudah di rebus matang terlebih dahulu.

Gudeg

Gudeg via Bisnis Wisata
http://bisniswisata.co.id/wp-content/uploads/2016/08/gudeg-2Bjogja.jpg

Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah ikon kuliner khas Jogja. Rasa asli gudeg eksotis manis, hal ini yang terkadang tidak cocok untuk lidah orang luar Jawa. Jika Anda suka cita rasa manis, gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam dan tambahan telur, tahu, atau tempe bacem.

Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.

Nah, Cakap People! Udah punya rencana bakal sama siapa menikmati kuliner khas Jawa tadi?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Smartphone Tiba-tiba Mati Total? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pakaian Kena Noda Cat? Ini Cara Menghilangkannya!