in ,

Siap-siap Buat Warga Gorontalo, Ada Syarat Khusus Buat Calon Pengantin

Cakapcakap – Sejatinya pernikahan adalah sebuah momentum yang cukup sakral bagi setiap insan. Sebab melalui pernikahan, pasangan dapat membentuk dan mimbina rumah tangga yang sesungguhnya. Selain itu, berbekal pernikahan juga menjadi sarana untuk melanjutkan keturunan. Oleh karena itu Cakap People, kedua pasangan pengantin harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum melangsungkan pernikahan.

Salah satunya adalah persyaratan bagi para calon pengantin yang ada di Gorontalo. Kira-kira, apa ya syarat khusus yang diterapkan di Gorontalo bagi calon pengantin yang hendak menikah? Pemerintah Provinsi Gorontalo menciptakan suatu kebijakan yang sifatnya khusus bagi para calon pengantin. Yakni calon pasangan, baik pria atau wanita harus menjalani program Tanda Aman Calon Pengantin (Tancap). Program tersebut mengharuskan kedua mempelai untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Ada syarat khusus calon pengantin di Gorontalo via wacana.co

Program tersebut telah berlangsung sedari pertengahan 2017 lalu, yang mencakup bagian dari program ini adalah pemeriksaan kadar gula dalam darah, pemeriksaan secara laboratorium hingga vaksin TT dan pemeriksaan untuk penyakit sipilis. Vaksin TT diberikan sebagai upaya pencegahan dari penyakit tetanus.

Namun kamu tak perlu khawatir perkara biaya. Sebab, segala pemeriksaan tersebut gratis lantaran biayanya sudah ditanggung langsung oleh pemerintah. Pasca calon mempelai memperoleh sertifikat sehat maka keduanya aman untuk melanjutkan prosesi pernikahan. Sebab surat sehat tersebut menjadi salah satu syarat agar dapat melangsungkan pernikahan di KUA.

Lalu, bagaimana jika ditemukan penyakit tertentu pada calon pengantin? Maka ia akan dibina serta dibekali edukasi perihal risiko yang mungkin timbul. Calon mempelai juga akan diberikan saran guna menunda kehamilan sampai penyakitnya sembuh. Perlu kamu ketahui, jika langkah pemerintah untuk memberikan syarat khusus tersebut juga demi kebaikan kita lho! Pasalnya agar angka kematian ibu melahirkan menurun dan kasus kekerdilan juga menurun.

Tancap, syarat khusus calon pengantin Gorontalo via harnas.co

Tak hanya perihal kesehatan secara fisik saja yang dibekalkan pada calon manten, namun konseling tentang kehidupan rumah tangga pun juga diutarakan. Baik secara mental atau psikis. Upaya tersebut untuk meminimalisir adanya perceraian di Kota Gorontalo. Setidaknya sudah terdapat 800 pasangan selama 1 tahun terakhir ini.

Tak ada salahnya mengikuti program yang dipersiapkan oleh pemerintah. Terlebih jika program tersebut memiliki dampak baik untuk kelangsungan rumah tangga kita. Nah, sebelum menikah lakukan persiapannya dengan baik ya Cakap People! Mulai dari kesehatan fisik hingga kesiapan secara mental. Ingat, menikah hanya sekali seumur hidup lho!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Tak Merana Saat Usia Senja

Viral! Demi Jadi Batman Bocah Ini Minta Digigit Kelelawar