in

Berikut 4 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik, Kamu Wajib Tahu!

CakapCakap – Apa Cakap People pernah mendengar nama gizi berupa zat besi? Gizi yang satu ini terbilang penting bagi tubuh. Sebab kekurangan zat besi dapat mengakibatkan seseorang jadi lesu, pusing, lemas hingga mengalami anemia. Jika kondisi kekurangan zat besi ini terjadi pada ibu hamil maka bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang serta kecerdasan janin.

Maka dari itu kamu wajib memenuhi salah satu gizi penting berikut. Caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang merupakan sumber zat besi. Belum tahu apa saja daftar makanan yang merupakan sumber zat besi terbaik? Berikut daftar yang bisa kamu pelajari!

1. Kacang Merah

Merupakan sumber zat besi via Hellosehat.com

Ada yang tahu berapa kandungan zat besi pada satu cangkir kacang merah? Kurang lebih ada sekitar 5,2 mg zat besi. Kendati memiliki ukuran serta bentuk yang cukup kecil, namun kacang merah memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi kacang merah maka tak hanya limpahan zat besi saja yang kamu peroleh. Melainkan ada pula kandungan protein, vitamin C serta sebagai sumber serat.

2. Tomat

Menyimpan manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan via Beritaturki.com

Selain baik untuk kecantikan, tomat juga memiliki peran penting bagi kesehatan. Sebab di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Kurang lebih tersedia 3,39 mg zat besi pada 1 cangkir tomat. Selain itu, sayuran yang biasa diolah menjadi jus ini juga termasuk ke dalam sumber antioksidan yang baik untuk melawan penuaan. Apa kamu tertarik untuk mengonsumsi tomat setiap hari?

3. Nasi Putih

Manfaat konsumsi nasi putih via Shopback.co.id

Nasi memang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang sangat berlimpah. Namun selain itu, ia juga memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Misalnya saja di dalam 1 cangkir nasi putih terkandung 7,97 mg zat besi. Bahkan nasi putih juga disempurnakan oleh zat mangan dan rendah lemak jenuh, sodium hingga kolesterol.

4. Bayam

Punya banyak kandungan nutrisi via Beritasatu.com

Siapa yang gemar dengan jenis sayuran hijau berikut ini? Ternyata tak hanya lezat, bayam juga kaya akan kandungan zat besi. Bahkan dalam secangkir bayam tersedia kandungan zat besi sebanyak 6,43 mg. Selain itu, bayam juga menyimpan kandungan vitamin A, potasium serta kalsium yang bermanfaat baik guna memperkuat otot.

Perlu kamu ketahui Cakap People jika konsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan. Sebab zat besi juga dapat dikatakan sebagai sumber tenaga. Kamu bisa mengolah beberapa makanan di atas guna disajikan menjadi olahan yang lezat dan sehat. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Fakta-fakta Seputar Film Warkop DKI Reborn 3 yang Harus Kamu Tahu!

Siap-Siap! Samsung Galaxy S10 Varian 5G Bakal Segera Meluncur April 2019