in ,

Berbahaya, Ibu Hamil dan 3 Orang dengan Kondisi Ini Dilarang Konsumsi Jahe!

CakapCakap – Jahe merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan dalam berbagai masakan. Tidak heran jika jahe dapat ditemukan pada hampir semua dapur rumah, Cakap People. Selain menyedapkan masakan, jahe juga populer dengan khasiatnya yang luar biasa.

Sayangnya, tidak semua orang direkomendasikan untuk mengonsumsi jahe. Karena pada kondisi tertentu, konsumsi jahe bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan.

1. Orang yang memiliki berat badan kurang

Bertubuh kurus via Firerank.com

Sebuah penelitian mengungkapkan jika jahe dapat menghasilkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Alhasil, konsumsi jahe sangat cocok bagi mereka yang obesitas dan ingin melakukan penurunan berat badan.

Sementara bagi orang yang berat badannya kurang, konsumsi justru dapat memicu bahaya. Pasalnya, mereka yang kurus dan mengonsumsi jahe bisa menekan nafsu makan hingga kekurangan gizi.

2. Orang yang tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu

Konsumsi obat tertentu via Unsplash/ Rawpixel

Mereka yang tengah mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu sebaiknya menghindari jahe. Jahe dapat meningkatkan atau bahkan menurunkan efek obat-obatan yang dikonsumsi. Seperti halnya obat untuk tekanan darah tinggi atau diabetes.

Konsumsi jahe juga mampu meningkatkan efek obat-obatan aspirin serta obat untuk mengencerkan darah.

3. Ibu hamil

Ibu hamil via Pixabay

Taukah anda jika ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Hal ini dikarenakan jahe dapat menyebabkan terjadinya kontraksi prematur. Dalam kondisi yang parah, konsumsi jahe dapat berakibat pada keguguran atau bayi yang terlahir dengan prematur. Inilah kenapa bumil sebaiknya tidak mengonsumsi jahe dalam bentuk apapun.

4. Mereka yang mengidap gangguan darah

Masalah hemofilia via Halodoc.com

Mereka yang mengidap gangguan darah juga sebaiknya tidak mengonsumsi jahe. Beberapa gangguan darah yang dimaksud antara lain adalah hemofilia, pengenceran hingga pembekuan darah.

Jahe dapat merangsang sirkulasi darah dan cukup membahayakan karena bisa berakibat pada pendarahan yang parah. Bahkan kadang mematikan bagi para penderita gangguan darah.

Meski jahe dapat membuat masakan terasa lebih sedap atau bahkan enak pula dijadikan sebagai bahan pembuat minuman, namun bagi kamu yang sedang mengalami kondisi seperti ini, ada baiknya menghindari jahe terlebih dahulu.

Perhatikan kesehatan dengan baik terlebih bagi Cakap People yang tengah berada pada kondisi tertentu agar terhindar dari gangguan kesehatan. Lebih baik mencegah bukan daripada mengobati?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Awas, 5 Dampak Negatif Ini Bisa Menghampiri Pasca Perayaan Tahun Baru!

Mau Awet Muda? Olahraga Lari Ternyata Bisa Jadi Pilihan Terbaik!