in

Benarkah Jaringan 4G akan Hadir di Bulan Tahun 2019 ini?

CakapCakap – Sarana telekomunikasi kini menjadi salah satu kebutuhan primer manusia di mana saja, entah di negara maju, negara berkembang, atau kawasan terpencil sekalipun di ujung bumi ini. Lalu apakah Cakap People pernah membayangkan kalau jaringan komunikasi juga dibutuhkan untuk kehidupan di luar bumi?

Ternyata benar, sejumlah pakar dan perusahaan dunia yang bekerja di bidang telekomunikasi sedang merancang layanan 4G di Bulan, dan akan segera aktif pada tahun 2019. PTScientist (Part Time Scientist) adalah sebuah perusahaan penjelajah luar angkasa asal Jerman yang selama ini terus menggodog perjalanan ke luar buminya. Dalam program ini, diketahui Vodafone bekerjasama dengan Nokia tengah mendukung misi PTScientist yang sedang berjalan. Vodafone merancang jalur komunikasi antara rover di Bulan dengan Bumi. Jalur komunikasi tersebut berfungsi untuk mengirimkan pencitraan atau tangkapan obyek dari Bulan ke Bumi. Rancangannya, jaringan $G ini akan menggunakan frekuensi 1.800 MHz, dan bisa mengirimkan video HD ke ALINA (Autonomous Landing and Navigation Module) yang terhubung langsung ke PTScientist.

Perangkat milik PTScientist di Bulan
https://room.eu.com/images/contents/ALINA.jpg

Sementara itu disisi lain, Nokia akan menyediakan perangkat jaringan khusus untuk luar angkasa, dengan berat yang sangat kurang dari 1 kg. 4G sendiri dipilih untuk teknologi transfer data dan komunikasi luar angkasa, dengan alasan efisiensi yang melebihi radio analog. Selain itu, proses transfer data dalam kapasitas yang sangat besar bisa diakomodasi dengan teknologi 4G.

Selain PTScientist, ada banyak sekali perusahan dari berbagai negara yang juga menjadikan Bulan sebagai tujuan penjelajahan. Misalnya Jepang, Badan Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) tengah mengajukan proposal ke Pemerintah Jepang, yang berisi rencana dan misi eksplorasi manusia ke bulan. Ada juga para peneliti Badan Antariksa Eropa atau European Space Agency yang menyebutkan bahwa manusia bisa menghuni bulan secara permanen pada 2040. Manusia yang akan menghuni bulan akan memiliki hunian permanen, dan bahkan konsep hunian di Bulan sudah dimuncullkan oleh para peneliti.

Rencana Jaringan 4G di Bulan
https://ocmcdn.oomph.co.id/uploads/shareit_contents/2018/03/01/31954/10_20180301021605_bulan.jpg

Dengan hadirnya jaringan 4G di Bulan, maka komunikasi para peneliti di Bulan ke Bumi akan semakin mudah, Bahkan juga akan mendukung kemungkinan adanya kehidupan manusia di Bulan. Kalau Cakap People mendapatkan kesempatan untuk terbang ke Bulan, siapa yang akan kalian hubungi pertama kali dengan jaringan 4G?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Perangkat Teknologi Ubah Udara Jadi Air Berhasil Diciptakan

Penting! Orang Dewasa Pun Ternyata Perlu Minum Susu