in

Batasi Konsumsi Makanan Berikut Saat Menyusui, Apa Saja?

CakapCakap – Menyusui adalah salah satu masa-masa yang cukup menyenangkan Cakap People. Namun di masa-masa seperti itu kita harus berhati-hati dalam menyantap makanan. Kemungkinan alergi makanan pada ibu menyusui memang jarang sekali terjadi. Tetapi apa yang ibu makan juga bisa berdampak pada si anak. Jika anak mengalami alergi makanan misalnya saja seperti ruam, hingga diare maka cara mengatasinya dengan melakukan diet eliminasi.

Agenda diet tersebut tak mengharuskan kamu secara ketat menghindari jenis-jenis makanan tertentu. Hanya saja batasi konsumsinya guna memastikan kesehatan si kecil serta demi menjaga kuantitas dari ASI. Nah, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu atur jumlah konsumsinya.

1. Alkohol

Katakan tidak pada alkohol via Indomedia.com.au

Sebenarnya kamu tak dilarang untuk mengonsumsi segelas bir maupun anggur di kala menyusui. Tetapi dikarenakan alkohol bisa menjangkau bayi melalui sarana ASI kendati dalam konsentrasi rendah, maka dirimu disarankan untuk membatasi konsumsinya. Selain itu, alkohol juga dapat menjadikan rasa ASI berubah. Alhasil kurang enak bagi si anak. Apabila kamu memang ingin mengonsumsi alkohol, maka paling tidak berikan jeda selama 2 jam sebelum menyusui bayi supaya tubuh memiliki waktu untuk bersihkan alkohol dalam tubuh. Selain itu kamu juga dapat menunggu minum alkohol usai menyusui bayi.

2. Jenis makanan dengan kandungan gas

Batasi konsumsi sayuran bergas via Hellosehat.com

Sudah tahu jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan gas? Ia adalah brokoli, kembang kol, kol buncis, kol hingga dedak. Beberapa jenis makanan tersebut dikenal sebagai makanan penghasil gas. Hal ini dikarenakan bakteri memecahkan makanan tersebut di dalam usus. Hingga kemudian menghasilkan suatu gas yang memicu rasa kembung serta tak nyaman. Tetapi makanan berikut juga memiliki gizi yang berlimpah. Alhasil sebaiknya jangan dihindari kecuali jika memang bayi mengalami alergi pasca kamu mengonsumsi makanan ini.

3. Kafein

Konsumsi kopi via Haibunda.com

Jika kamu sedang dalam masa-masa menyusui, maka rasanya tak masalah kembali ke kebiasaan menyeduh kopi saat pagi. Namun kamu dianjurkan untuk tetap membatasinya. Paling tidak satu atau dua cangkir saja. Sebab terlampau banyak konsumsi kafein dapat menjadikan anak lebih gampang marah serta berdampak pada jam tidurnya. Kamu dapat mengganti kopi ke cokelat, sebab cokelat punya kandungan kafein yang terbilang rendah.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang dapat Cakap People batasi kala sedang menyusui bayi. Selain itu, kamu juga dianjurkan guna memilih konsumsi jenis ikan dengan merkuri rendah. Misalnya saja nila, salmon, ikan tuna hingga udang. Sebab dalam jenis ikan tersebut kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang cukup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Recommended! Deretan Novel Rusia ini Patut Kamu Coba Nikmati

‘The Show Must Go On’ : Band Queen Umumkan Film Dokumenter Baru Bareng Adam Lambert