in ,

Barongko, Kue Tradisional Bangsawan Hingga Pribumi Makassar

Pernahkah kamu penasaran bagaimana rasanya menjadi bangsawan dan makan makanan seorang bangsawan? Well, ternyata di Makassar ada satu kue yang konon kabarnya pada jaman dahulu kue ini adalah makanan khusus kaum bangsawan kerajaan yang ada di Bugis. Namun, setelah jaman berubah makanan ini kemudian disantap oleh pribumi Makassar. Nama dari kue ini adalah kue ‘Barongko’.

Kue ini berasal dari daerah Bugis, Sulawesi Selatan. Umumnya raja-raja Bugsi akan menikmati panganan yang berbahan pokok pisang yang dihaluskan ini sebagai makanan penutup. Walaupun hidup di jaman raja, makanan ini masih saja tetap eksis, lho! Bahkan sekarang sudah tida se-eksklusif dahulu. Pada jaman sekarang, warga pribumi Bugis membuat kue ini sebagai pelengkap menu makanan pada saat ada pesta.

https://resepkoki.id/2018/01/08/resep-barongko/

Buat kamu yang tertarik untuk membuat makanan yang satu ini. Baha utama Barongko adalah pisang, gula, telur, garam, santan kelapa dan susu. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut menjadi satu lalu bungkus dengan daun pisang. Untuk menambah varian rasa, Barongko jaman now biasanya akan dipadukan dengan durian, nangka, daging kelapa muda dan daging buah lontar. Tahap akhirnya adalah Barongko akan dimasak dengan cara dikukus. Barongko ini paling nikmat disantap pada saat hangat. Walaupun sudah melegenda, makanan ini hampir tidak pernah kehilangan cita rasanya, lho.

https://selerasa.com/images/Kue_Tradisional/RESEP-KUE-BARONGKKO-NANGKA.jpg

Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke daerah Bugis, akan sangat mudah untuk menemukan panganan ini. Kue Barongko memang sangat populer disuguhkan oleh orang-orang Bugis sebagai menu perjamuan, baik pada pesta pernikahan, mabbarasanji,mappanre temme, massunna, naik rumah baru, pesta panen hingga acara syukuran lainnya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wow, Pria Ini Nekat Keliling Amerika Gara-gara Patah Hati!

Frieflies Coffee Pattimura, Tempat Ngopi Enak yang Patut Dicoba di Makassar