Bandara baru Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta akan segera beroperasi pada 29 April 2019. Via tribunnews.com
in ,

Bandara Baru Yogyakarta YIA Segera Beroperasi 29 April 2019, Semua Penerbangan Pindah?

CakapCakap – Bandara baru Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta akan segera beroperasi pada tanggal 29 April 2019. Cakap People mungkin juga sudah mendengar kabar tersebut. Sejauh ini, berbagai uji coba guna memenuhi persyaratan untuk operasional masih terus dilakukan oleh pihak terkait. Rangkaian uji coba penerbangan dan pendaratan pun telah dilakukan dari bandara baru ini, untuk mengetahui dan memastikan keselamatan dalam operasional nanti.

Bandara baru Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta akan segera beroperasi pada 29 April 2019. Via tribunnews.com

“Kami tengah melakukan kegiatan Airport Security Committee Meeting yang merupakan bagian dari rangkaian sebelumnya. Tiga hari lalu, kami telah melalukan Airport Emergency Committee Meeting, penanganan keadaan darurat,” ungkap juru bicara proyek YIA, Agus Pandu Purnama dilansir oleh Medcom.id. Kegiatan tersebut sendiri dilakukan untuk menjamin keamanan operasional bandara dari perusakan instalasi hingga pembajakan. Adapun standar pengamanan yang diterapkan telah mengacu kepada pedoman wajib sesuai dengan International Civil Aviation Organization (ICAO).

Menurut jadwal, YIA akan dioperasionalkan untuk pertama kali pada tanggal 29 April 2019. Pada tanggal 26 April 2019, pesawat Garuda Indonesia dengan 175 penumpang akan melakukan uji coba pada pukul 09.30 WIB.  Bandara YIA sendiri ditargetkan beroperasi total pada bulan Desember 2019. Total luas terminalnya mencapai 210 ribu meter persegi, mampu menampung 14 juta penumpang dalam setahun. Bandara ini pun nantinya turut melayani penerbangan domestik dan internasional.

Untuk sementara, baru hanya penerbangan internasional yang dipindahkan dari Bandara Adisucipto ke YIA mulai 28 April 2019.. Via tribunnews.com

Namun, untuk operasional awal, menurut rencana baru hanya penerbangan internasional saja yang akan dipindahkan operasionalnya secara bertahap ke bandara baru ini dari Bandara Adisucipto, seperti dikutip dari laman Tribunnews.com. Pemindahan penerbangan internasional ini akan dimulai pada tanggal 28 April 2019. “Nanti yang penerbangan internasional akan mulai diboyong ke sana. Keimigrasian, pemantau atau ATC, baru tanggal 29 April 2019 ada launching. Secara formal nanti akan disampaikan,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi DI Yogyakarta Gatot Saptadi menjelaskan.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DI Yogyakarta, Sigit Sapto Raharjo, saat ini sudah ada moda transportasi menunju YIA dari Stasiun Wojo. Kemudian, juga ada beberapa bus yang akan digunakan untuk angkutan penumpang ke bandara, diantaranya Damri. Siap-siap ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Daftar Internet Fiber Tercepat di Asia Tenggara, Indonesia Posisi Berapa?

Aneka Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Tipes loh!